IBL

Pelatih Siliwangi beberkan alasan rekrut Andy "Batam"

Pelatih Siliwangi beberkan alasan rekrut Andy "Batam"

Pelatih klub bola basket Bogor Siliwangi Ali Budimansyah (kanan) memberikan keterangan mengenai kesiapan timnya mengikuti turnamen pra-musim "IBL Go-Jek Tournament" di Jakarta, Kamis (11/10). (Liga Bola Basket Indonesia/IBL)

Jakarta (ANTARA News) - Pelatih klub bola basket Indonesia Bogor Siliwangi, Ali Budimansyah membeberkan alasan mengapa timnya merekrut shooting guard Andy "Batam" Poedjakesuma yang sudah menyatakan pensiun pada tahun 2016, ke skuat turnamen pra-musim "IBL Go-Jek Tournament".

Menurut Ali, keberadaan Andy penting untuk membimbing para pemain muda Bogor Siliwangi.

"Saya yang meminta bantuan Andy untuk kembali. Dia akan banyak memberikan motivasi kepada pemain muda kami," ujar Ali di Jakarta, Kamis (11/10).

Menurut dia, Andy "Batam" yang kini sudah berusia 37 tahun tidak akan banyak diturunkan dalam pertandingan-pertandingan mereka di turnamen yang baru pertama kali digelar oleh IBL tersebut.

"Tidak masalah dia bermain dua atau tiga menit karena kehadirannya di tim untuk mengayomi pemain muda," tutur Ali.

Andy "Batam" Poedjakesuma merupakan salah satu pebola basket legendaris Indonesia dan telah memulai kariernya di dunia profesional sejak tahun 1997.

Andy, di masa jayanya terkenal sebagai penembak akurat. Atlet yang lahir pada 8 November 1980 memperkuat klub Aspac (kini bernama Stapac) selama 12 tahun sebelum membela Pelita Jaya, tempatnya menyatakan diri mengakhiri karier pada tahun 2016. Andy pun sempat memperkuat tim nasional Indonesia di periode 2003-2011.

Tim Bogor Siliwangi sendiri diperkuat oleh 11 pemain di IBL Go-Jek Tournament yang berlangsung pada 14-21 Oktober 2018 di Solo, Jawa Tengah. Nama Andy "Batam" dan guard anyar yang direkrut dari Pelita Jaya Basketball Daniel Wenas termasuk di dalamnya. Dari jumlah itu, ada dua pemain debutan (rookie) yakni Gustav Leopold dan Sabdayagra Ahessa.

Namun, semua nama untuk roster pramusim tidak terikat dengan kompetisi IBL musim 2018-2019. Artinya setiap klub dipersilakan mengganti atau menambah pemain setelah turnamen pramusim selesai.

Baca juga: Turnamen Pramusim IBL pamerkan kemampuan pemain lokal

Baca juga: NSH-Siliwangi pilih dua "rookie" IBL 2018-2019

Pewarta:
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar