Kredibilitas adalah suatu hal yang terpenting dalam pemberian penghargaan. Proses seleksi dilakukan dengan prosedur yang ilmiah..
Singapura (ANTARA News) - Sejumlah perusahaan dan individu yang meraih penghargaan Asia Corporate Excellence & Sustainability (ACES) harus melalui seleksi yang ketat sebelum akhirnya dipilih sebagai pemenang.

"Kredibilitas adalah suatu hal yang terpenting dalam pemberian penghargaan. Proses seleksi dilakukan dengan prosedur yang ilmiah," kata juri anugerah ACES, Hemant K. Batra dalam konferensi pers acara malam penghargaan ACES, di Singapura, Kamis (11/10) malam.

Menurut Hemant, para kandidat peraih penghargaan dipilih dari informasi yang berasal dari berbagai sumber di antaranya dari tim riset dan juri, pihak ketiga, dan riset mendalam.

"Para nominator berasal dari tiga sumber, pertama adalah dari tim riset dan juri, kedua adalah dari pihak ketiga yang menominasikan kandidat tersebut, dan ketiga adalah dari riset mendalam yang dilakukan oleh tim riset yang memunculkan para nominator," katanya.

Nama perusahaan dan individu yang sudah terkumpul ini selanjutnya harus melewati beberapa tahap seleksi.

"Dimulai dengan uji kelayakan yang menguji kandidat dengan berbagai pertanyaan yang sulit dan kandidat diminta memberikan informasi sebanyak mungkin diantaranya tentang kepemimpinan, rencana bisnis, visi, sikap, dan pendekatan mereka," katanya.

Kemudian, para kandidat yang lolos  akan melewati tahap berikutnya yaitu pengecekan dokumen dan diakhiri dengan wawancara.

"Para nominator yang lolos pada tahap ini akan melewati pengujian dokumen oleh tim, diantaranya struktur keuangan perusahaan, pemilik, laporan keuangan. Selanjutnya, tim akan melakukan wawancara langsung dengan kandidat," katanya.

Ada 48 penghargaan diberikan baik kepada perusahaan ataupun individu berprestasi di Asia dalam acara malam penganugerahan ACES. Acara yang diselenggarakan pada Kamis (11/10) malam di Hotel Fairmont, Singapura dihadiri seluruh perwakilan perusahaan yang mendapatkan penghargaan dari berbagai negara di Asia.

Di antara para pemenang, ada lima perusahaan dari Indonesia mendapatkan penghargaan dari ACES atas prestasi yang telah mereka lakukan di berbagai bidang.

Dua perusahaan mendapatkan penghargaan atas prestasi gemilang karena sosok yang memimpin perusahaan tersebut. Para penerima penghargaan tersebut adalah Shanti Lasminingsih Poesposoetjipto sebagai Komisaris Utama PT Samudera Indonesia TBK yang mendapatkan penghargaan Woman Entrepreneur of the Year dan Parveen Kathuria sebagai Presiden Direktur PT Syngenta Indonesia yang mendapatkan penghargaan Outstanding Leaders in Asia.

Sementara ada tiga perusahaan yang mendapatkan penghargaan, diantaranya penghargaan Asia's Most Influential Companies diraih oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), penghargaan Asia's Leading SMEs diraih oleh PT Combiphar, dan penghargaan Top Green Companies in Asia diraih oleh PT Sharp Electronics Indonesia.

Baca juga: Lima perusahaan Indonesia raih penghargaan bergengsi Asia

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2018