Ikuti pasar global, bursa saham Australia dibuka melemah

Ikuti pasar global, bursa saham Australia dibuka melemah

Australian Securities Exchange (ASX) (Reuters)

Yang menarik, saham-saham AS berjalan seperti roller coaster alih-alih jatuh ke satu arah
Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Jumat pagi, menyusul penurunan di pasar global, dengan kerugian berbasis luas sedikit diimbangi oleh lompatan sektor material.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 20,30 poin atau 0,35 persen menjadi diperdagangkan di 5.863,50 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 21,40 poin atau 0,36 persen pada 5.972,10 poin.

Seperti halnya kemarin, bursa Aussie mencerminkan pasar global yang bermasalah, dipimpin oleh Wall Street.

"Pasar saham AS jatuh untuk hari kedua setelah 'pertumpahan darah' di kawasan Asia Pasifik kemarin," kata analis pasar CMC Markets, Jonathen Chan, seperti dikutip dari Xinhua.

"Yang menarik, saham-saham AS berjalan seperti roller coaster alih-alih jatuh ke satu arah."

Sektor material adalah salah satu dari dua sektor yang terangkat di pasar Aussie, karena investor mencari tempat yang aman di tengah badai pasar global.

"Emas, sebagai aset safe-haven tradisional, reli paling kuat dalam dua bulan, sementara logam industri utama seperti tembaga menguat tetapi aluminium turun," kata Chan.

"Tindakan di pasar komoditas koheren dengan nada umum menghindi risiko, namun lonjakan harga tembaga bisa menjadi tanda optimisme bahwa investor mungkin lebih memilih prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang atas tren bearish jangka pendek."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah, dengan Commonwealth Bank turun 0,61 persen, Westpac Bank turun 0,04 persen, National Australia Bank turun 0,58 persen dan ANZ turun 0,62 persen.

Saham-saham pertambangan menguat, dengan BHP naik 1,23 persen, Rio Tinto naik 0,90 persen, Fortescue Metals naik 2,93 persen dan penambang emas Newcrest naik 3,78 persen.

Saham-saham produsen minyak dan gas merosot, dengan Woodside Petroleum turun 1,75 persen, Oil Search turun 3,17 persen dan Santos tidak berubah.

Jaringan supermarket terbesar Australia beragam, dengan Wesfarmers tidak berubah dan Woolworths turun 0,54 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra tergelincir 0,64 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas naik 2,16 persen dan perusahaan biomedis CSL naik tipis 0,08 persen.

Baca juga: Bursa Wall Street perpanjang penurunan, indeks Dow merosot 545,91 poin
Baca juga: Pembelian aset "safe haven" dorong harga emas melonjak hampir tiga persen
Baca juga: Harga minyak turun lagi, Brent sentuh 80 dolar AS
Baca juga: Saham Qantas rontok, saat Bursa Australia ditutup anjlok


 

Pewarta:
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar