Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo kembali menyampaikan komitmen negaranya untuk membantu pemulihan pascagempa dan tsunami melanda wilayah Sulawesi Tengah, pada 28 September 2018, demikian disebutkan dalam keterangan pers Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert, Jumat (12/10).

Komitmen tersebut disampaikan Pompeo melalui pembicaraan telepon dari kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada Rabu (10/10), yang membahas distribusi bantuan kemanusiaan dari AS yang telah tiba di Palu untuk membantu upaya pemulihan yang saat ini dilakukan pemerintah Indonesia.

Pemerintah AS telah memberikan total bantuan kemanusiaan sebesar 3,7 juta dolar melalui Agensi AS untuk Pembangunan Internasional (USAID) dan mengirim tiga pesawat Hercules C-130 untuk membantu pengiriman barang-barang bantuan bagi masyarakat di area yang terdampak bencana.

Tiga pesawat C-130 tersebut tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 5 Oktober 2018 dan membantu pengiriman logistik bantuan kemanusiaan ke Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu, Sulawesi Tengah, setiap hari.

Ketika tiba di Balikpapan seminggu yang lalu, ketiga pesawat tersebut mengangkut serta berbagai barang bantuan yang telah disebutkan pihak Indonesia untuk memenuhi kebutuhan darurat masyarakat di Palu, salah satunya 2.210 gulungan terpal plastik yang cukup untuk perlindungan darurat bagi 110.500 orang yang terdampak bencana.

Selain terpal, USAID juga telah mendistribusikan perangkat pengungsi darurat, slimut, perangkat kebersihan, lampu tenaga surya, dan juga ruang aman untuk membantu anak-anak mengatasi trauma bencana.

Baca juga: Amerika kirim tiga pesawat C130 angkut bantuan ke Palu

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018