Metropolitan

Anies realisasikan janji hunian dp nol rupiah

Anies realisasikan janji hunian dp nol rupiah

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menunaikan janji saat kampanye Pemilihan Gubernur DKI dengan meluncurkan program hunian uang muka (Down Payment/DP) Nol Rupiah di Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018). (Susylo Asmalyah/Antara)

Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merealisasikan janji saat kampanye Pemilihan Gubernur DKI dengan meluncurkan program hunian uang muka (Down Payment/DP) Nol Rupiah di Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Baca juga: DKI bentuk unit pelaksana teknis program Rumah DP Nol Rupiah

"Saya gariskan bahwa semua yang menjadi rencana program janji - kita akan tunaikan satu persatu. Hari ini janji DP Nol Rupiah kita tunaikan dan Insyaallah ini menjadi awal bagi tuntasnya masalah perumahan," kata Anies di lokasi Klapa Village Jakarta, Jumat.

Program ini akan mulai dibuka pendaftaran pada 1 November mendatang kemudian diberi nama Solusi Rumah Warga (SAMAWA).

Menurutnya nama itu memiliki makna membawa pesan harapan yang berarti tidak hanya sekedar bentuk bangunan rumah tapi menjadi tempat untuk tumbuhnya keluarga yang bahagia.

Baca juga: Melihat rumah DP 0 rupiah di Cilincing

"Ini adalah lokasi pertama PD Sarana Jaya sudah menyiapkan beberapa tower yang sudah akan dibangun," ujar Gubernur DKI.

Dia mengharapkan akan lebih banyak lokasi yang akan digunakan dan menyambut baik berbagai institusi baik swasta maupun BUMN yang ikut terlibat dalam program DP Nol Rupiah.

Baca juga: Pemprov DKI akan bangun lagi rumah DP nol rupiah

Dijelaskan Anies, beberapa BUMN sudah menyampaikan minat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memfasilitasi, hal ini guna menjawab kebutuhan 51,7 persen warga Jakarta yang tidak memiliki rumah tinggal milik sendiri.

Kawasan tersebut akan disiapkan fasilitas umum yang diutamakan yakni program integrasi antarmoda bernama "Jak Lingko" menggantikan Ok Otrip.

"Dengan fasilitas Jak Lingko agar warga yang menghuni program SAMAWA ini memiliki akses kalau kemana-mana tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi," kata Anies.

Baca juga: Pemprov DKI luncurkan "Jak Lingko" gantikan Ok Otrip
Baca juga: DKI Jakarta mengakhiri uji coba Ok Otrip

Pewarta:
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar