Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim Inggris Gareth Southgate menegaskan bahwa keputusannya untuk menurunkan pemain muda yang belum berpengalaman di Nations League menghadapi Kroasia dan Spanyol bukanlah sebuah eksperimen, tetapi sebagai bentuk keyakinan atas kemampuan mereka.

Southgate memberikan kepercayaan kepada gelandang Leicester City James Maddison, penyerang Borussia Dortmund Jadon Sancho dan Mason Mount, yang dipinjamkan ke klub Derby County dari Chelsea, dan mereka untuk pertama kali dipanggil bergabung dengan tim senior.

Menjelang pertandingan Jumat menghadapi finalis Piala Dunia 2018 Kroasia di Rijeka, Southgate mengatakan para pemain yang meski belum berpengalaman, telah memperlihatkan kemampuan mereka saat mengikuti latihan selama pekan lalu.

"Ini bukan eksperimen. Mereka adalah pemain yang kami percaya," kata Southgate seperti dilaporkan Reuters.

"OK, mereka memang relatif tidak berpengalaman di level tertinggi tetapi kami menikmati bekerjasama dengan mereka dan telah menunjukkan dalam pelatihan minggu ini bahwa mereka dapat mengatasinya."

Di dalam tim Inggris itu juga termasuk Watford Nathaniel Chalobah, yang baru bermain empat menit di Liga Premier musim ini, sementara gelandang Tottenham Harry Winks dipanggil kembali setelah pulih dari cedera.

"Kami berada di sini untuk mencoba dan mendapatkan hasil yang baik sehingga tim yang kami mainkan adalah tim yang kami percayai. Tidak ada seorang pun di tim yang ada di sini yang tidak kami pikirkan untuk masuk dalam tim," tambah Southgate.

Kroasia mengalahkan Inggris 2-1 setelah perpanjangan waktu di semifinal Piala Dunia 2018 Rusia dan gelandang Luka Modric mengakui bahwa mereka merasa diremehkan media Inggris.

Manajer Zlatko Dalic setuju dengan pendapat Modric, gelandang Real Madrid itu.

"Kami merasa sedikit diremehkan media Inggris, bukan pelatih kepala atau para pemain. Selalu ada rasa saling menghormati di antara kedua tim," kata Dalic.

"Anda selalu harus menghormati lawan, tetapi juga memiliki kepercayaan diri dalam tim Anda dan kemampuan Anda."

Dalic mengatakan Kroasia memiliki sejumlah masalah cedera menjelang pertandingan meskipun penyerang Andrej Kramaric dan Ante Rebic kembali setelah absen melawan Portugal dan Spanyol.

Inggris, yang berada di urutan kedua Grup 4 Nations League, akan menghadapi peringkat ketiga Kroasia pada Jumat, sebelum bertemu pimpinan klasemen Spanyol di Sevilla pada Senin.
 

Pewarta: A032
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018