Pertemuan IMF-WB

G20 ingatkan perdagangan internasional sumber pertumbuhan global

G20 ingatkan perdagangan internasional sumber pertumbuhan global

Sejumlah anggota delegasi berbincang informal menjelang Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20 dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018). ( ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG//Nyoman Budhiana)

"...perlu upaya untuk mengurangi tensi yang dapat menyebabkan sentimen negatif pasar dan meningkatkan ketidakpastian sektor finansial"
Nusa Dua (ANTARA News) -  Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20 menekankan bahwa kerja sama perdagangan internasional harus ditingkatkan karena dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi global.

"Kami menyepakati perdagangan internasional sangat penting sebagai mesin pertumbuhan. Untuk itu, perlu upaya untuk mengurangi tensi yang dapat menyebabkan sentimen negatif pasar dan meningkatkan ketidakpastian sektor finansial," kata Menteri Keuangan Argentina selaku Ketua Pertemuan
Nicolas Dujovne dalam jumpa pers di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WB di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Dujovne menambahkan kerja sama antar sesama negara G20 menjadi kunci untuk menjaga stabilitas keuangan global dan menghadapi tantangan tersebut.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengatakan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tetap positif, meski risiko yang telah diprediksi pada awal tahun mulai terealisasi sepenuhnya.

"Normalisasi kebijakan moneter mulai berdampak di negara maju, namun kondisi keuangan ketat justru berdampak di negara berkembang dan beberapa diantaranya mengalami gejolak pasar," ujar Dujovne yang ikut didampingi oleh Deputi Gubernur Bank Sentral Argentina Veronica Rappoport.

Dujovne ikut mengingatkan pentingnya agenda infrastruktur untuk pemenuhan target kesejahteraan ekonomi, pencapaian pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan inklusif seperti yang diusung G20 selama berada dalam kepemimpinan Argentina.

"Kami fokus untuk mendorong keterlibatan pembiayaan sektor swasta dalam infrastruktur karena pengembangan infrastruktur ini penting sebagai aset," katanya.

Ikut hadir dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20 ini Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Menteri Keuangan Jepang Taro Aso.

Secara keseluruhan, pertemuan ini dihadiri 20 Menteri Keuangan dan 17 Gubernur Bank Sentral dari negara-negara anggota G20.

Hasil dari pertemuan di Bali ini akan dibawa dalam Pertemuan Tingkat Pemimpin Negara G20 yang akan diselenggarakan pada 30 November-1 Desember 2018 di Buenos Aires.

 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar