Port St. Joe, Flordia, (Antara News) - Kekuatan Badai Michael terlihat jelas pada Kamis (11/10) di kota kecil pantai yang porak-poranda di Florida, tempat jajaran rumah dicabik sampai ke foundasinya oleh badai sangat kuat yang menewaskan tujuh orang.

Sementara itu atap gedung sekolah beterbangan saat Michael menerjang pantai di bagian barat-laut Florida di dekat Kota Kecil Mexico Beach pada Rabu dengan angin berkecepatan sampai 250 kilometer per jam, sehingga mendorong gelombang air laut ke daratan.

"Angin benar-benar mencabik-cabik kami. Keadaan sungguh menakutkan," kata Tom Garcia, pensiunan yang berusia 60 tahun dan terjebak di dalam rumahnya di Mexico Beach sementara ketinggian air mencapai pinggang.

Ia dan pasangannya Cheri Papineau (50) mendorong pintu rumah mereka selama satu jam guna mencegah angin menerjang ke dalam sementara empat anjing peliharaan mereka duduk di ranjang yang mengambang di dalam rumah mereka.

Kota kecil pantai tersebut kelihatan seperti baru mengalami pemboman karpet, dengan hanya segelintir yang terisa di blok pertama dari pantai, kata Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi. Lebih dalam ke daratan, sebanyak separuh rumah berubah menjadi tumpukan kayu dan papan.

Helikopter terbang di atas wilayah itu untuk mencari penyintas sementara buldoser membersihkan jalan dari puing rumah.

Cheryl Shipman (72) menunjuk ke tumpukan kayu yang berwarna merah dan patah-patah, lalu berkata, "Dulu ini adalah rumah saya dengan tiga lantai."

Michael, badai paling kuat ketiga yang pernah menerjang daratan AS, melemah pada malam hari dan menjadi topan tropis tapi bergerak ke arah utara, dan menumbangkan pepohonan dengan angin berkecepatan 80 kilometer per jam. Topan itu mengakibatkan banjir bandang bagi Georgia dan Virginia, demikian laporan National Hurricane Center (NHC).

Sementara itu tujuh orang tewas akibat Badai Michael di Florida, Georgia dan North Carolina akibat pohon tumbang dan peristiwa lain yang berkaitan dengan badai, kata beberapa pejabat pemerintah.

Dinas layanan darurat melakukan puluhan aksi pertolongan orang yang terjebak banjir yang bergerak cepat di North Carolina, kata Gubernur Roy Cooper.

Banyak orang yang cedera di Florida dibawa ke Panama City, yang diterjang badai dan berjarak 32 kilometer di sebelah barat-laut Mexico Beach. Gulf Coast Regional Medical Center merawat sebagian korban, tapi rumah sakit mengungsikan 130 pasien saat rumah sakit tersebut menghadapi tantangan untuk bisa terus mengoperasikan generator setelah badai memutus pasokan listrik, mencabik sebagian atapnya dan menghancurkan kaca jendela, kata seorang juru bicara bagi pemilik rumah sakit HCA Healthcare di dalam pesan surel.

Banyak bangunan di Panama City hancur, pohon pinus tinggi terbang dan satu menara gereja menimpa gereja,

Di Jinks Middle School di kota itu, badai merobek bagian belakang atap ruang olah raga dan merobohkan satu tembok. Setahun lalu, sekolah tersebut menyambut pelajar dan keluarga yang mengungsi akibat Badai Maria di Puerto Rico.

Badai Michael, yang bergerak dengan Kategori 4 di skala badai Saffir-Simpson --yang memiliki lima tingkat-- ketika memasuki pantai, berada sekitar 35 kilometer di sebelah barat-laut Raleigh, North Carolina, pada pukul 17.00 EDT (Jumat, 02.00 WIB) dan bertambah kuat saat badai itu bergerak menuju pantai Atlantik, kata NHC.

Hampir 950.000 rumah dan tempat usaha tak memperoleh pasokan listrik di Florida, Alabama, Carolina dan Georgia pada Kamis.

Jumlah orang di tempat penampungan darurat diperkirakan membengkak sampai 20.000 di seluruh lima negara bagian hingga Jumat, kata Brad Kieserman dari American Red Cross.

Badai Michael menerjang permukiman di seluruh Panhandle dan mengubah jalan jadi kubangan air setinggi atap rumah.

Sebagian besar pusat kota Port St. Joe, 19 kilometer di sebelah timur Mexico Beach, direndam air setelah Badai Michael menerjang dengan kecepatan angin mencapai 155 mil per jam. Badai Michael membelah banyak perahu jadi dua dan melempar kapal besar ke pantai, kata warga.

"Ada rumah yang tadinya berada di sisi satu jalan dan sekarang rumah tersebut berada di sisi jalan yang bersebarangan," kata Wali Kota Bo Patterson --yang menyaksikan pohon terbang di samping jendela kendaraannya saat ia naik mobil ke luar dari badai di rumahnya tujuh blok dari pantai. Patterson memperkirakan 1.000 hancur total atau sebagian di kota tempat tinggal, yang memiliki 3.500 rumah.

Brad Rippey, petugas meteorologi bagi US Agriculture Department, mengatakan Badai Michael benar-benar merusak pohon kapas, kayu, kemiri dan kacang, sehingga menimbulkan kerugian sebesar 1,9 miliar dolar AS dan mempengaruhi 1,5 juta hektare tanaman.

Michael juga mengganggu operasi sektor energi di Gulf of Mexico, AS, saat badai itu mendekati daratan, mengurangi produksi minyak mentah sampai lebih dari 40 persen dan hasil gas alam sampai hampir sepertiga saat kilang lepas pantai mengungsikan pekerjanya.

Dengan catatan tekanan rendah barometer pada posisi 919 milibar, ukuran kekuatan badai, Michael menjadi badai paling kuat ketiga dalam sejarah yang menerjang Benua Amerika Serikat, hanya berada di belakang Badai Camille di Mississippi Gulf Coast pada 1969 dan Badai Labor Day pada 1935 di Florida Keys.
 

Pewarta: Antara
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2018