Surabaya  (ANTARA News) - Persebaya dipermalukan dengan skor 0-1 oleh Borneo FC pada laga pekan ke-25 lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu.

Gol tunggal tim asal Samarinda tersebut dicetak oleh striker impornya, Matias Conti pada menit ke-23 babak pertama usai memanfaatkan umpan tarik Titus Bonai dari sisi kanan pertahanan tuan rumah.

Sejak wasit meniup peluit dimulainya pertandingan, Persebaya yang disaksikan sekitar 12 ribu suporternya mengambil inisiatif menyerang dan mencoba menggempur pertahanan Borneo FC, tapi sejumlah peluang gagal dimanfaatkan.

Begitu juga serangan balasan tim tamu yang digalang Lerby Eliandry, beberapa kali kerap gagal di kaki duo bek tengah Persebaya yang dikawal Otavio Dutra dan OK John.

Petaka bagi "Bajul Ijo", julukan Persebaya, terjadi menit ke-20 saat gelandang andalannya Robertino Pugliara harus ditandu ke luar lapangan setelah ditekel pemain lawan, hingga akhirnya harus diganti oleh Rendi Irwan Saputra.

Kehilangan gelandang kreatif sekaligus "playmaker", membuat lini tengah Persebaya kedodoran, bahkan tiga menit sejak Pugliara ditarik, striker Borneo FC Matias Conti sukses menjebol gawang lawan yang dijaga Miswar Saputra.

Gol berawal dari bek kanan Persebaya, M. Irvan yang kehilangan bola saat "overlaping" dan direbut oleh Abdurrahman yang kemudian menyodorkan bola ke Titus Bonai hingga ke kotak penalti serta mengelabui M. Hidayat dan memberikan umpan mendatar ke muka gawang.

Kiper Miswar Saputra sebenarnya sudah mengantisipasi dan memblok tendangan Titus Bonai, namun bola muntah justru mengarah ke Matias Conti yang berdiri tepat di mulut gawang sehingga tinggal menempatkan bola ke sudut kiri atas.

Gol tersebut membuat Persebaya tersentak dan mencoba beberapa kali membuka peluang, tapi beberapa kali sundulan kepala penyerang Rishadi Fauzi yang diplot menggantikan peran David Da Silva karena cedera, masih belum tepat sasaran.

Begitu juga pada babak kedua, yang praktis tuan rumah hampir menguasai setengah lapangan dan meraih banyak kesempatan menyamakan kedudukan. Sedangkan, Borneo FC hanya sesekali melakukan serangan dan tak ada yang membahayakan gawang Miswar Saputra.

Berusaha membalas, pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman memasukkan gelandang serang Fandi Eko Utomo, bahkan 10 menit jelang laga usai juga mengganti M. Irvan dengan striker Riky Kayame.

Tapi, hingga wasit Totok Fitrianto asal Sulawesi Utara meniup peluit akhir tak ada gol tercipta.

Skor 0-1 membuat Persebaya terpuruk di papan bawah klasemen sementara di posisi 14 dari 18 tim peserta Liga 1. Koleksi 29 poin tim juara Liga 2 musim lalu itu terancam dikejar oleh Mitra Kukar yang mengoleksi 29 poin dan PS Tira dengan 28 poin jika keduanya mampu menang pada pertandingan pekan ini.

Jika kedua tim tersebut berhasil menang atas lawan-lawannya maka Persebaya untuk pertama kali pada musim ini berada di posisi degradasi menemani Perseru Serui dan PSMS Medan yang menempati urutan 17 dan 18.

 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018