Surabaya  (ANTARA News) - Masjid Cheng Ho di Surabaya mendonasikan Rp800 juta untuk membantu korban bencana alam gempa di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah(Sulteng) serta Pulau Sapudi, Jawa Timur(Jatim).

"Donasi ini kami himpun selama kurang lebih seminggu," kata Ketua Pelaksana Harian Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Liemfuk Shan saat dikonfirmasi di sela perayaan HUT ke- 16 Masjid Cheng Ho di Surabaya, Sabtu malam.

Menurut dia, hingga petang hari "ba`da maghrib", atau sesaat menjelang perayaan HUT ke-16 Masjid Cheng Ho Surabaya dimulai, donasi yang terkumpul masih berjumlah sekitar Rp500 juta.

Di penghujung acara HUT, yang berlangsung di halaman depan Masjid Cheng Ho Surabaya, pada sekitar pukul 23.00 WIB , ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jatim, Haryanto Satriyo mengumumkan donasi yang terkumpul telah mencapai Rp800 juta.

Dari keseluruhan nilai donasi tersebut pihaknya kemudian memilah senilai Rp500 juta didonasikan untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala.

"Sisanya, senilai Rp300 juta, kami donasikan untuk korban gempa bumi di Pulau Sapudi, Jatim," katanya.

HUT ke- 16 Masjid Cheng Ho Surabaya mengambil tema "merayakan kebhinekaan dengan mengundang berbagai lapisan masyarakat dari lintas agama".

Konsulat jenderal (Konjen) atau perwakilan pejabat dari negara-negara sahabat yang ada di Surabaya juga tampak turut diundang.

Konjen Cina di Surabaya Gu Jingqi mengapresiasi Masjid Cheng Ho Surabaya yang telah berdiri selama 16 tahun dan memberi pengaruh positif terhadap masyarakat Indonesia secara luas.

"Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho sebagai pengelola Masjid Cheng Ho telah banyak menyumbang, tidak hanya bagi masyarakat etnis Tionghoa, melainkan kepada semua etnis di Indonesia. Keberadaan Masjid Cheng Ho telah memberi keharmonian bagi masyarakat Indonesia," katanya.


Baca juga: TNI AD dirikan hunian sementara pengungsi di Palu
Baca juga: Kemendikbud salurkan bantuan Rp101 miliar untuk Sumbawa
 

Pewarta: Hanif Nashrullah dan Slamet Sudarmojo
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018