Surabaya  (ANTARA News) - Aktor Dude Herlino mengingatkan pentingnya peran seorang ayah bagi bayi sehingga turut membantu menjaga kesehatan dan tumbuh kembang pada anak.

"Selain mencari nafkah, seorang ayah juga memiliki peran penting merawat anak di rumah sehingga tidak harus ibu saja," ujarnya di sela dialog bertajuk Aku dan Ayah Happy Day`s Out di Atrium Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Sabtu.

Suami Alyssa Soebandono itu menuturkan, meski setiap hari menjalani waktu yang sibuk, bukan alasan bagi dirinya untuk tidak bermain dengan anak.

"Pada saat mengasuh pun, saya memastikan sedemikian rupa bagaimana supaya anak tetap merasa nyaman, `mood` baik, sehingga ikatan yang kuat antara orang tua dan anak tercipta, termasuk mengganti popok sekalipun," ucapnya.

Untuk urusan tersebut, aktor yang memerankan puluhan judul sinetron itu mengaku sering mengganti popok bayi sejak anak pertamanya, Muhammad Dirgantara Ariendra, berusia beberapa hari pada Februari 2015.

"Sejak istri pulang dari rumah sakit usai melahirkan, ada bidan yang datang untuk membantu merawat di awal. Di situ saya juga belajar bagaimana merawat, membersihkan hingga mengganti popok Rendra (panggilan anak pertamanya). Lalu untuk anak kedua sudah berpengalaman," kata aktor berusia 38 tahun sekaligus brand ambassador Baby Happy tersebut.

Pada kesempatan sama, dokter anak dari RSIA Kendangsari MERR Surabaya dr Dini Adityarini Sp.A, menyampaikan tips tentang penggantian popok secara benar, yakni pertama arah membersihkan kelamin bayi harus dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri yang ada di feses translokasi ke saluran kemih.

Kemudian, membersihkannya menggunakan air yang mengalir dari arah depan ke belakang, jangan hanya mengusap dengan tisu basah karena juga akan menimbulkan iritasi.

"Ketiga yang paling penting, yaitu tidak menaburkan bedak di sekitar kelamin saat mengganti popok. Dan jangan lupa, orang tua harus menggantikan popok bayinya minimal enam kali sehari," katanya.

Sementara itu, dialog yang digelar oleh "Baby Happy", produk popok bayi produksi Wings Care tersebut, juga menghadirkan Product Manager Baby Happy Jonathan Tanuwidjaja, yang mengatakan pentingnya peran seorang ayah sehingga harus memiliki ilmu-ilmu dasar agar sang bayi merasa nyaman.

"Dengan membuat anak nyaman, maka proses kedekatan orang tua dengan anak juga akan terbangun, bahkan hubungan menjadi lebih berkualitas," katanya.  

Baca juga: Ingin tambah momongan, Astrid Tiar tak mau coba bayi tabung
Baca juga: Warga Palembang namai bayinya Asian Games

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018