Cirebon, Jawa Barat (ANTARA News) - Api yang membakar kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai sudah berhasil dipadamkan menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Minggu.

Ia mengatakan kebakaran berhasil dipadamkan secara manual pada Sabtu (13/10) sekitar pukul 16.00 WIB dan sekarang tim pemadaman sedang memastikan api benar-benar sudah tidak ada lagi.

"Kebakaran sudah padam, sekarang kita sedang melakukan pembasahan dengan helikopter water bombing (pengembom air)," katanya di Kuningan.

Dia menjelaskan kepulan asap yang masih terlihat di kawasan hutan itu berasal dari sisa dari kebakaran.

BPBD Kuningan menerjunkan dua tim beranggotakan 27 personel untuk membersihkan jalur.

Agus menjelaskan tim pertama yang berjumlah 11 orang melakukan pembukaan dan pembersihan jalur Bintangot Batu Arca sampai ujung lahan yang terbakar.

Tim kedua yang beranggotakan 16 orang melakukan pemadaman dan penyisiran kepulan asap yang masih tersisa di daerah Blok Batu Arca, Sigedong dan Cicangkrung.

"Pantauan visual dari pos taktis Bintangot terlihat kepulan asap tipis masih terpantau timbul tenggelam tersapu angin dan itu merupakan asap sisa bakaran," katanya.

Baca juga:
Api di Gunung Ciremai hanguskan area 495 hektare

Menteri LHK: api di hutan Ciremai sulit dipadamkan
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018