Wali Kota Vlissingen Belanda ke Ambon lanjutkan kota kembar

Wali Kota Vlissingen Belanda ke Ambon lanjutkan kota kembar

Tim dokter asal Vlisingen Belanda sedang melakukan operasi katarak gratis, di Rumah Sakit Umum (RSU) dr. Haulussy, Kudamati, Ambon, Maluku, Selasa (13/11). Operasi gratis terhadap 125 pasien kurang mampu ini, merupakan program kerjasama Kota Kembar Ambon - Vlisingen, Belanda. (ANTARA/Embong Salampessy)

 Ambon (ANTARA News) - Wali Kota Vlissingen Belanda, Bas Van den Tilaar dan Wakil Wali Kota Albert Vader melakukan kunjungan ke Kota Ambon, Maluku, dalam rangka melanjutkan kerja sama sister city (kota kembar).

 "Kunjungan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Vlissingen ke Kota Ambon merupakan balasan kunjungan Pemerintah Kota Ambon ke Vlissingen pada Juli 2018," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Ambon, Senin.

 Menurut dia, kunjungan ke Ambon untuk melihat perkembangan kerja sama sister city  serta berbagai dukungan Vlissingen untuk daerah ini terutama di bidang kesehatan, kebersihan, lingkungan dan pendidikan.

 "Kunjungan ini dilakukan pada 14 - 21 Oktober 2018 untuk melihat langsung perkembangan kerja sama yang telah terjalin sejak tahun 2006," katanya.

  Rangkaian kunjungan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Vlissingen di Kota Ambon di antaranya mengunjungi Balai Kota Ambon, Puskesmas Waihaong, Sekolah Sehat (SD Lateri), dan kunjungan ke tempat pengolahan sampah.

Selain itu juga menyaksikan kegiatan Child Care, kunjungan ke RSU dr Haulussy Ambon, mengunjugi Museum Siwalima, objek wisata benteng Amsterdam Hila, taman persemakmuran Australia dan wisata Leitimur Selatan.

 Selain itu juga akan dilakukan penandatanganan LOI (letter of intent) di Balai Kesehatan Mata, kuliah umum di Universitas Pattimura (Unpatti) serta kunjungan ke kantor Gubermur Maluku dan DPRD Kota Ambon.

 "Kita berharap melalui kunjungan yang dilakukan ini membawa dampak baik bagi kelanjutan kerja sama yang telah terjalin selama ini," ujarnya.

Kerja sama Ambon-Vlissingen yang telah terjalin selama ini, katanya, yakni program kemanusiaan operasi gratis bagi warga Kota Ambon dan sekitarnya.

 Pelaksanaan operasi gratis yang dilakukan tim dokter Vlissingen membawa dampak yang sangat baik bagi warga kota Ambon, karena setiap tahun puluhan warga memang  menjalani operasi urologi, bedah plastik dan mata.

 "Setiap tahun tim dokter Belanda datang ke Ambon untuk melakukan operasi, dan setiap tahun pula puluhan warga dioperasi secara gratis, jika harus dilakukan operasi dengan biaya sendiri mencapai Rp30 juta - Rp40 juta," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Ambon dan Vlissingen gelar operasi bedah plastik
 Baca juga: Ambon kembangkan komunitas sekolah sungai

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar