Jakarta (ANTARA News) - Ghozali Muharram Siregar menyelamatkan Persib Bandung dari kekalahan atas Persipura Jayapura berkat gol yang dicetak pada menit ke-68 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada pertandingan pekan 25 Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Mandala, Jayapura, Senin.

Gol dari pemain yang akrab dipanggil Gozo tersebut sekaligus membuat Persib meraih satu poin dan bertahan di puncak klasemen dengan nilai 45, unggul satu poin dari PSM yang menempel di peringkat kedua. 

Maung Bandung tertinggal lebih dulu oleh gol yang dicetak Hilton Moreira pada menit ke-52.  Namun, tim  asuhan Mario Gomez mampu bangkit, dan membuat gol balasan pada menit ke-68 lewat aksi kerja sama dua gelandang mereka, Ghozali dan Atep.‎

Secara umum, pertandingan antara Persib dengan Persipura berlangsung dalam tempo sedang bahkan kedua tim terkesan bermain hati-hati.

Meski demikian, di awal pertandingan tepatnya di menit keempat, Persib sudah mendapatkan peluang emas lewat kerja sama Oh Inkyun dan Atep. Atep yang menerima sodoran bola dari Inkyun menebar ancaman dari sisi kiri tapi crossing mendatar Atep tak mampu dikejar oleh Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. ‎

Setelah mendapat serangan yang mengejutkan, Persipura pun tampil lebih agresif. Tim Mutiara Hitam mulai menguasai lini tengah. Namun,  serangan demi serangan yang dilancarkan Imanuel Wangai dkk. ke daerah kotak penalti Persib selalui menemui jalan buntu. 

Walaupun penguasaan bola lebih banyak dimiliki Perrsipura, peluang emas justru lebih dahulu dimiliki Persib. Gozo mendapat peluang emas pertamanya di menit ke-38, tetapi tendangan lobnya masih membentur tiang.

Persib‎ melakukan pergantian pemain beberapa saat sebelum laga paruh pertama usai. Pelatih Mario Gomez menarik Muchlis pada menit ke-41 untuk digantikan Eka Ramdani. Strategi ini untuk mengimbangi lini tengah Persipura yang terlihat makin agresif. Kehadiran Eka membuat Inkuyun di dorong ke depan menjadi striker.

Persipura mendapat peluang emas di menit-menit akhir babak pertama melalui aksi Addison Alves. Namun usaha pemain asal Brasil itu masih bisa diantisipasi Deden Natshir. Keadaan imbang tanpa gol menutup babak pertama. 

Di babak kedua, intensitas serangan kedua tim meningkat tajam. Meski demikian, Permainan tim tuan rumah lebih berkembang . Hilton melalui tendangan first time akhirnya memecah kebuntuan dengan mencetak gol pada menit ke-52 setelah menerima umpan manis Yustinus Pae. 

Tertinggal satu gol, respons positif diperagakan Maung Bandung. Victor Igbonefo mendapat peluang di mulut gawang memanfaatkan umpan sepak pojok. Namun ia mendapat tarikan dari M. Tahir hingga sundulannya menjadi tak maksimal.

Setelah itu, Persib mulai lebih sering menyerang. Pada menit ke-68, Atep menjalin kerja sama apik dengan Ghozali. Umpan matang Atep diteruskan dengan sepakan mendatar Ghozali yang menaklukkan kiper Dede Sulaeman sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Persib kembai mendapatkan peluang di menit ke72 melalui aksi Wildan yang baru masuk menggantikan Atep. Sayang, sepakannya striker muda itu dari depan kotak penalti masih melenceng di atas mistar.

Penyelamatan luar biasa dilakukan Deden pada menit ke-86. Ia mampu membaca arah bola dari tendangan bebas Hilton dan menghalaunya keluar lapangan. Gozo berpeluang mencetak gol kedua bagi Maung Bandung di masa injury time. Tetapi sayang, sepakan placing-nya masih membetur mistar gawang.

Susunan Pemain

Persib: M. Natshir (PG), Ardi Idrus, M. Sabillah, Victor Igbonefo, Tony Sucipto, Hariono, Oh Inkyun, Atep (74'), Supardi (C), Ghozali Siregar, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (42'). 

Cadangan: I Made Wirawan, Henhen Herdiana, Puja Abdillah, Eka Ramdani (42'), Kim J. Kurniawan, Agung Mulyadi, M. Wildan Ramdhani (74'). 

Persipura : Dede Sulaeman (PG), Valentino Telaubun (83'), Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae, Prisca Wonsiwor, Imanuel Wanggai, M. Tahir, Ian Louis Kabes (C), Hilton Moreira, Addison Alves. 

Cadangan: Panggih (PG), Andri Ibo (83'), Marcio Rosario, R. Wanma, D. Tabuni, P. Sambodo, P. Komboy.

Baca juga: Viking Papua gelar nonton bareng laga Persipura-Persib

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018