Kami berharap kepada Pemerintah Pusat dapat melihat dan membantu pembangunan jembatan itu segera.
Simpang Empat, Sumbar, (ANTARA News) - Para siswa dan masyarakat terpaksa menggunakan perahu motor menyeberangi Sungai Batang Saman, akibat jembatan putus di Jorong Tanjung Pangkal, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, sejak Kamis (11/10).

"Ada sekitar 400 kepala keluarga yang umumnya anak-anak sekolah di Kapar dan Simpang Empat. Dengan putusnya jembatan maka transportasi mereka terpaksa menggunakan perahu motor menyeberangi sungai," kata Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat meninjau jembatan putus, Selasa.

Didampingi Camat Pasaman, Andre Affandi dan Kepala Bagian Humas, Yosmar Difia, Wakil Bupati mengatakan selain anak sekolah, warga yang tinggal di Gersindo dan Tanjung Pangkal juga terpaksa menyeberangi sungai karena banyak yang bekerja di perusahaan kelapa sawit dan bekerja di Simpang Empat.

"Rata-rata ada sekitar 300 orang yang menyeberangi sungai itu menggunakan perahu motor. Biasanya menggunakan jembatan gantung yang putus itu," ujarnya.

Menurutnya, perbaikan jembatan Tanjung Pangkal sifatnya segera dilakukan, sebab jembatan itu sangat penting bagi masyarakat.

Meskipun ada jalan lain namun membutuhkan waktu satu jam menuju Simpang Empat.

"Tahap awal tentu perbaiki jembatan harus segera dilakukan. Kami berharap kepada Pemerintah Pusat dapat melihat dan membantu pembangunan jembatan itu segera," katanya.

Ia menyebutkan selain menyebabkan jembatan putus, meluapnya Sungai Batang Saman juga merendam puluhan rumah warga yang ada di sekitar sungai itu.

"Bantuan kebutuhan pokok dan peralatan lainnya sudah kita salurkan. Namun, ada di sejumlah titik yang masih dalam tahap penyaluran, karena terkendala akses transportasi," katanya.

Sementara itu Camat Pasaman, Andre Affandi didampingi Kepala Jorong Tanjung Pangkal, Rudi Hartono mengatakan ada sekitar 25 rumah yang berada di pingggir sungai itu terancam ambruk.

"Sekitar 15 unit rumah warga rusak akibat hantaman air Sungai Batang Saman," ujarnya.

Ia sangat mengharapkan adanya pembangunan dan atau penanaman bronjong di tepi sungai karena sudah hanyut dihantam air sungai.

"Jika dibiarkan maka puluhan rumah warga yang berada di tepi sungai bisa ambruk," ujarnya.

Saat ini sejumlah warga yang berdomisili di tepi sungai ada yang mengungsi ke rumah sanak familynya yang lebih aman sambil menunggu air sungai Batang Saman surut.*

Baca juga: Warga pasang jembatan darurat di jalan longsor

Baca juga: Jembatan gantung di Cianjur putus, belasan warga luka-luka






 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018