Bekasi (ANTARA News) - Gol Alberto Goncalves pada menit 40 membawa timnas Indonesia unggul 1-0 atas Hong Kong pada babak pertama pertandingan persahabatan kalender FIFA di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

Meski Indonesia mampu unggul, pertandingan sendiri berjalan lambat sejak awal babak pertama. Bahkan Lima menit awal kedua tim sama-sama mendalami karakter permainan. Kondisi tersebut terlihat jelas karena belum ada tekanan yang mengarah ke gawang. Dari dua percobaan yang dilakukan pemain Indonesia yang salah satunya lewat Irfan Jaya justru berbuah offside.

Peluang Indonesia baru didapat menit 10. Umpan dari Irfan Jaya mampu diterima dengan oleh Alberto Goncalves. Hanya saja tendangan pemain naturalisasi masih di atas mistar gawang Hongkong. Sang lawan juga tidak ketinggalan. Anak asuh Gary John White ini juga mampu menekan dan cukup merepotkan.

Tendangan bebas Stefano Lilipaly pada menit 17 juga cukup mengancam. Lagi-lagi harus berlabuh di atas mistar gawang Hung Fai Yapp. Begitu juga pada menit 25. Tendangan keras pemain Bali United ini kembali diblok meski peluang gol cukup besar.

Hongkong yang didominasi pemain naturalisasi juga tidak kalah gesit dalam mengatur skema penyerangan. Beruntung barisan timnas Indonesia yang dimotori Hansamu tampil cukup bagus menghadang serangan lawan.

Lawan timnas Indonesia bahkan memasukkan tenaga baru yaitu Alessandro Ferriera untuk menggantikan Alexander Oluwatayo. Hasilnya cukup efektif karena sempat membuat Muhammad Ridho harus bekerja keras untuk mempertahankan gawangnya.

Meski demikian timnas Garuda tidak tinggal diam. Melalui skema serangan yang apik, sundulan Alberto Goncalves mampu memperdayai kiper Hongkong setelah mendapatkan umpan terukur dari I Putu Gede pada menit 40. Gol tersebut membuat Indonesia unggul 1-0.

Upaya menambah keunggulan terus dilakukan oleh Febri Hariyadi dan kawan-kawan. Namun hingga babak pertama usia tidak ada tambahan gol yang tercipta.

Berikut susunan pemain timnas Indonesia :
Muhammad Ridho (pg), Rizki Rizaldi Pora, Hansamu Yama Pratama (k), Ricky Fadjrin Saputra, I Putu Gede Juni Antara, Febri Hariyadi, Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Irfan Jaya, Stefano Lilipaly danAlberto Goncalves.

Pemain timnas Hongkong :
Hung Fai Yapp (pg), Daniel Cancela, Festus Baise, Yang Huang, Alexander Oluwatayo/Alessandro Ferreira, Yuto Nakamura, Paul Olivier Ngue, Chun Lok Tan, Kin Man Tong, Jalmes Anthony McKee dab Andrew James Russel. 

Baca juga: Andik Vermansyah belum tembus tim inti timnas Indonesia hadapi Hong Kong

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018