Jakarta (ANTARA News) - Riasan yang masih menempel di wajah adalah hal yang harus Anda hindari karena proses regenerasi kulit di malam hari akan terhalang.

Menghapus makeup memang terlihat mudah, kendati nyatanya banyak orang melakukan cara yang salah sehingga bisa mendatangkan kerusakan pada kulit.

Untuk menghindarinya, Anda harus mengetahui kesalahan yang biasanya terjadi saat membersihkan makeup, dilansir Boldsky, Rabu.

1. Menggosok kulit

Saat membersihkan wajah, ada kecenderungan untuk menggosok kulit agar makeup terhapus. Kulit wajah harus diperlakukan dengan sangat lembut. Jika Anda menggosoknya secara agresif, maka kulit akan regang, memerah, menimbulkan kerutan dan garis halus.

2. Menggunakan makeup remover yang salah

Seperti halnya produk kosmetik, memilih makeup remover juga tidak boleh sembarang. Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, pilihlah yang berbasis air atau gel. Jenis remover memang tergantung pada jenis kulit Anda.

3. Tidak menggunakan pembersih

Makeup remover memang dapat membantu menghilangkan sisa makeup. Tapi, selalu ada residu sisa yang perlu dibersihkan, di sinilah gunanya cleanser atau pembersih. Menggunakan pembersih setelah menghapus makeup membantu menghilangkan residu sisa makeup dan membersihkan wajah Anda secara mendalam.

4. Menghindari bibir

Bibir juga merupakan bagian dari wajah yang harus dibersihkan. Setelah membersihkan bibir, gunakanlah pelembab bibir.

5. Hanya menggunakan tisu

Jangan membersikan makeup hanya dengan tisu. Meski yang Anda gunakan adalah tisu untuk makeup, kadang-kadang bahannya kasar untuk kulit. Lebih baik menggunakan pembersih dan kapas sehingga lembut ketika bergesekan dengan kulit wajah.

6. Mengabaikan mata

Mata juga bagian yang perlu dibersihkan apalagi jika Anda menggunakan eyeliner dan maskara. Hapuslah makeup dengan pijatan lembut.
 
Baca juga: Anak laki-laki Anda suka makeup? Ini yang bisa orangtua lakukan

Baca juga: Awas, kandungan dalam makeup bisa sebabkan kemandulan


 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018