Puluhan santri dirawat di RSUD Temanggung keracunan makanan

Puluhan santri dirawat di RSUD Temanggung keracunan makanan

Ilustrasi perawatan di RS karena keracunan makanan (ANTARA /Abriawan Abhe)

 Temanggung,  (ANTARA News) - Puluhan santri Pondok Pesantren Darul Muttaqien di Dusun Balong, Desa Ngaditirto, Kabupaten Temanggung, dirawat di Puskesmas Selopampang dan RSUD Temanggung karena diduga mengalami keracunan makanan.

 Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Sukamsih, di Temanggung, Rabu, mengatakan 54 santri di ponpes tersebut dibawa ke Puskesmas Selopampang dan RSUD Temanggung karena mengalami diare.

 Ia menyebutkan 22 santri dirawat di RSUD Temanggung, 16 santri dirawat di Puskesmas Selopampang, dan sisanya menjalani rawat jalan.

 Ia menuturkan pada Senin (15/10) para santri mengikuti pertandingan olahraga di GOR Bambu Runcing Temanggung dan membawa bekal nasi dalam kemasan kardus untuk dimakan setelah mengikuti pertandingan olahraga.

 Berdasarkan keterangan beberapa santri, katanya, pada Senin (15/10) malam mereka sudah merasa sakit perut tetapi tidak begitu dirasakan. Pada Selasa (16/10) sore, mereka mengalami mual dan diare kemudian diperiksakan ke Puskesmas Selopampang dan sebagian dirujuk ke RSUD Temanggung.

"Pada Selasa (16/10) malam ada 18 santri yang menjalani rawat inap di RSUD Temanggung dan 16 santri rawat inap di Puskesmas Selopampang dan hari ini tambah tiga santri dirawat inap di RSUD Temanggung," katanya.

 Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab keracunan tersebut karena tidak ada sisa makanan yang bisa dijadikan sampel untuk diperiksa di laboratorium.

"Semua makanan sebanyak 50 dos sudah habis dimakan para santri setelah berolahraga sehingga tidak ada makanan yang bisa diperiksa di laboratorium," katanya.

Ia mengatakan biaya perawatan di puskesmas dan RSUD Temanggung ditanggung Pemkab Temanggung karena hal itu sebagai kejadian luar biasa. 

Baca juga: Cianjur catat 4 KLB keracunan sepanjang 2018
Baca juga: Ribuan santri banjiri jalan-jalan di Temanggung

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

54 santriwati di Temanggung keracunan makanan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar