Washington (ANTARA News) - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde telah menangguhkan jadwal kunjungannya ke Timur Tengah, yang sebelumnya termasuk rencana menghadiri konferensi investasi di Riyadh, kata IMF dalam pernyataan, Selasa.

Pada Sabtu, Lagarde mengatakan dalam acara jumpa pers di Indonesia bahwa ia tidak berniat mengubah rencana perjalanannya tapi ia merasa "ngeri" dengan laporan-laporan media soal menghilangnya wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Khashoggi hilang setelah ia memasuki gedung konsulat Saudi di Istanbul, demikian Reuters melaporkan.

"Jadwal kunjungan Direktur Pelaksana ke kawasan Timur Tengah ditangguhkan," kata juru bicara IMF dalam pernyataan, tanpa menyebutkan alasan keputusan itu diambil.

Baca juga: IMF imbau Saudi tidak terburu-buru lakukan reformasi

Pada Minggu (14/10), Reuters memberitakan bahwa Kepala Eksekutif JP Morgan & Chase Co Jamie Dimon dan Kepala Ford Motor Co Bill Ford membatalkan rencana menghadiri konferensi penanam modal di Arab Saudi.

Pembatalan itu adalah pengumuman tingkat tinggi terkini setelah wartawan Arab Saudi bernama Jamal Khashoggi hilang.

Baik JP Morgan maupun Ford tidak menjelaskan alasan mereka memutuskan tidak menghadiri konferensi Future Investment Initiative di Riyadh pada akhir bulan ini tersebut.

Kedua perusahaan juga tidak memberikan pernyataan soal apakah pembatalan itu terkait dengan hilangnya Khashoggi.

Baca juga: IMF peringatkan defisit bisa kikis cadangan devisa Arab Saudi

Khashoggi, yang merupakan penduduk AS dan penulis kolom surat kabar Washington Post yang kerap mengkritik kebijakan Riyadh, menghilang pada 2 Oktober setelah memasuki gedung konsulat Saudi di Istanbul.

Turki meyakini bahwa Khashoggi dibunuh dan mayatnya sudah dipindahkan.

Arab Saudi membantah kecurigaan tersebut.

Pertemuan puncak soal investasi di Riyadh biasanya menarik para pemimpin sejumlah perusahaan terbesar dunia serta media massa untuk hadir.

Namun, konferensi itu dengan cepat telah menjadi kendaraan bagi perusahaan-perusahaan untuk menyuarakan keprihatinan mereka atas hilangnya Khashoggi.

Editor: Tia Mutiasari/Eliswan Azly

Pewarta: Antara
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2018