Kepala Polda Maluku pastikan Gunung Botak bersih penambang

Kepala Polda Maluku pastikan Gunung Botak bersih penambang

Dokumentasi tambang emas Ilegal Gunung Botak, di Kabupaten Buru, Maluku, yang telah ditinggalkan para penambang, Minggu (15/11). Kerusakan lingkungan di Gunung Botak secara masif terjadi akibat penambangan liar yang marak terjadi sejak 2011 itu. (ANTARA FOTO/Jimmy Ayal)

Ambon, Maluku (ANTARA News) - Kepala Polda Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, memastikan Gunung Botak di Kabupaten Buru akan bersih dari aktivitas penambangan, dengan melakukan penyisiran di lokasi tersebut.

"Kemarin kepala Polda bersama Bupati Buru, Ramli Umasugy, dan rombongan meninjau langsung kawasan Gunung Botak dan menelusuri sejumlah totok penambangan untuk memastikan apakah masih ada para penambang atau tidak," kata Kepala Bidang Humas Polda Maluku, Komisaris Besar Polisi Muhammad Ohoirat, di Ambon, Kamis.

Faktanya lokasi gunung tersebut telah kosong karena ribuan penambang telah turun dan tenda-tenda mereka ada yang sudah dibongkar secara baik maupun ada yang dibakar.

Sebelumnya pada Sabtu, (13/10) 2018 tim polisi, tentara, serta Satuan Polisi Pamong Praja telah membersihkan Gunung Botak dan menurunkan 4.000 penambang ilegal secara persuasif.

Saat ini petugas gabungan masih ditempatkan di Gunung Botak agar para penambang tidak lagi kembali beraktivitas.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar