Dua faktor pemicu timbulnya jerawat

Dua faktor pemicu timbulnya jerawat

Ilustrasi wajah berjerawat (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA News) - Dokter estetika dr. Gaby Syerly menjelaskan bahwa jerawat yang kerap membuat kaum hawa tidak percaya diri, muncul akibat adanya infeksi di kulit.

Founder klinik kecantikan Youth & Beauty Clinic itu mengatakan ada dua faktor penyebab timbulnya jerawat, antara lain faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah ketidakseimbangan hormon, misalnya saaat menstruasi.

“Penyebab timbulnya jerawat itu ada dari faktor internal dan faktor eksternal. Jadi, mesti dilihat lagi, apa penyebabnya,” jelas dr. Gaby kepada Antara, Rabu (17/10).

“Namun, ada pula jerawat yang sulit menghilang walau sudah melakukan perawatan. Kalau masih saja muncul jerawat pada usia 30 atau 40 tahun, kemungkinan jerawat itu disebabkan oleh faktor genetik,” sambung dia.

Sedangkan pada faktor eksternal, lanjutnya, terlalu lama melakukan massage saat facial juga akan memicu munculnya jerawat.

Baca juga: Benarkah facial ampuh atasi kulit berjerawat?

Massage dalam waktu lama itu menyebabkan produksi minyak di kulit wajah itu berlebihan, sehingga timbul jerawat,” imbuh dr. Gaby.

Oleh karena itu, dokter itu berpesan agar tidak malas membersihkan wajah.

“Bagi yang suka make-up, harus membersihkan wajah dengan double atau triple cleansing, mulai dari memakai cleanser, toner, dan facial wash. Dan tidak boleh malas cuci muka,” pungkasnya.

Baca juga: Cara atasi jerawat

 

Pewarta: Anggarini Paramita
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar