counter

Jusuf Kalla kunjungan kerja ke Brussel

Jusuf Kalla kunjungan kerja ke Brussel

Wakil Presiden, Jusuf Kalla. (ANTARA News/Fransiska Ninditya)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, melakukan kunjungan kerja ke Brussel, Belgia, untuk menghadiri KTT ke-12 Pertemuan Asia-Eropa dan melakukan pertemuan bilateral dengan pemimpin negara asing.

Kalla, Ibu Mufidah Kalla, dan rombongan terbang ke Belgia pada Rabu malam (17/10) menggunakan pesawat komersial Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara Internasional Schipol di Amsterdam, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dari Amsterdam, Kalla beserta rombongan menuju Belgia menggunaka kereta Thalys dan dijadwalkan tiba di Brussel pada Kamis pukul 13.08 waktu setempat.

KTT ke-12 ASEM diselenggarakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu (19/10), dengan mengambil tema "Eropa dan Asia: Mitra Global untuk Tantangan Global".

Para pemimpin negara-negara Eropa dan Asia berupaya untuk memperkuat dialog dan kerja sama antara dua benua antara lain di bidang perdagangan, investasi, konektivitas pembangunan berkelanjutan, iklim, tantangan keamanan dan ketahanan negara. Dalam KTT tersebut akan dibahas pula mengenai penanggulangan tantangan terorisme, non-proliferasi, keamanan siber, dan migrasi tidak teratur.

KTT ke-12 ASEM dihadiri 51 kepala negara dari Asia dan Eropa, dan akan dipimpin oleh Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, serta dihadiri Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker.

KTT ASEM merupakan forum kerja sama antarnegara di Benua Asia dan Eropa untuk membahas berbagai persoalan dan peningkatan kerja sama di bidang politik, ekonomi, pertahanan, pendidikan, dan lingkungan hidup.

ASEM didirikan 1996 sebagai forum dialog dan kerja sama antarnegara di Eropa dan Asia, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antara dua benua tersebut.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Wapres ungkap konsekuensi jika GBHN dihidupkan kembali

Komentar