Jakarta (ANTARA News) - Saat ini ada beragam jenis obat nyamuk yang beredar di pasaran mulai dari yang dibakar, disemprot atau dioles pada tangan dan anggota tubuh lainnya (lotion). 

Di antara ketiganya manakah yang lebih efektif menumpas nyamuk? 

"Efektivitasnya beda-beda. Lotion yang di tangan kan untuk kita sendiri, tetapi ada jangka waktu lotion tidak bekerja lagi.  Apalagi kita bolak-balik cuci tangan. Sebetulnya nyamuk dalam ruangan kita ke mana? Ya di situ saja enggak ke mana-mana, menunggu waktu yang tepat," ujar dokter sekaligus presenter Lula Kamal dalam peluncuran HIT Magic Expert terbaru di Jakarta, Kamis. 

Dia mengatakan, pada intinya penggunakan obat nyamuk harus sesuai kebutuhan. Jika di luar ruangan dan untuk perlindungan diri, obat nyamuk bentuk lotion bisa menjadi pilihan. Untuk wilayah di luar ruangan, obat nyamuk bakar bisa Anda pilih. 

"Intinya setiap obat nyamuk punya fungsi yang berbeda. Ada yang untuk di dalam ruangan, ada juga yang untuk luar ruangan dan ada yang langsung untuk tubuh kita sendiri," papar dia. 

Lula mengatakan, dalam memilih produk anti nyamuk, aspek keamanan bagi kesehatan, misalnya dari sisi bahan baku yang ramah manusia, perlu menjadi perhatian, terutama pada mereka yang memiliki anak. 

"Harus aman. Saya enggak mau pakai kalau enggak aman," tutur dia. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018