Kebijakan tersebut sesuai dengan ekspektasi pasar
Seoul 1 (ANTARA News) - Bank sentral Korea Selatan, Bank of Korea (BoK), pada Kamis mempertahankan suku bunga acuannya tak berubah selama 11 bulan, karena prospek pertumbuhan meredup lebih lanjut.

Gubernur BoK Lee Ju-yeol dan enam anggota dewan kebijakan moneter lainnya memutuskan untuk mempertahankan suku bunganya pada 1,5 persen.

Bank sentral menahan diri dari mengubah suku bunga acuan sejak menaikkannya ke level saat ini pada November tahun lalu dari posisi terendah sepanjang masa 1,25 persen.

Kebijakan tersebut sesuai dengan ekspektasi pasar. Menurut survei Asosiasi Investasi Keuangan Korea (KFIA) terhadap 100 ahli fixed-income, 65 persen memperkirakan suku bunga acuan tidak berubah.

Suku bunga dipertahankan ketika BoK menurunkan perkiraan pertumbuhan untuk ekonomi Korea Selatan pada 2018 menjadi 2,7 persen dari 2,9 persen yang diperkirakan tiga bulan sebelumnya.

Angka pertumbuhan tersebut merupakan yang terendah dalam enam tahun. Kementerian keuangan menetapkan prospek pertumbuhan untuk tahun ini di 2,9 persen.

Baca juga: Wall Street turun tajam akibat kekhawatiran kenaikan suku bunga
Baca juga: BI: Kenaikan suku bunga undang aliran modal

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018