Jakarta (ANTARA News) - Meski sudah menginjak usia 45 tahun, penyanyi Ratna Listy masih terlihat bugar dan awet muda. Lantas apa rahasianya?

"Saya sudah setahun tidak makan nasi," kata Ratna saat berkunjung ke Wisma Antara, Jumat.

Ketimbang nasi yang mengandung indeks glikemik tinggi, ia menggantinya dengan sumber karbohidrat yang dinilai lebih sehat, seperti roti dan kentang.

Pemilik nama lengkap Ratna Sulistyaningsih itu juga sangat memilih asupan yang masuk ke tubuhnya agar tetap fit. Ia mengurangi asupan bahan-bahan kimia, salah satu caranya dengan memilih sayuran organik.

"Saya juga tidak minum alkohol dan merokok," imbuh penyanyi yang aktif sebagai pembawa acara itu.

Baca juga: Ratna Listy Siap Jadi Duta Lingkungan

Ia juga mengungkapkan rahasia menjaga tubuh tetap ramping, yaitu mengenali sinyal-sinyal tubuh. 

Ratna mencontohkan, ada kalanya orang merasa lapar pada malam hari menjelang tidur, padahal ternyata itu bukan sinyal lapar.

"Saya pernah merasa 'lapar' pada malam hari, lalu saya minum segelas air putih, ternyata 'lapar' itu hilang. Jadi kita harus bisa mengenali sinyal tubuh," ia membeberkan rahasia untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Baca juga: Ratna Listy Raih Penghargaan Musik Lagi

Selain itu, sudah dua tahun belakangan dia getol berolahraga yoga yang dilakukan secara teratur, tiga kali dalam sepekan.

Yoga tak cuma membuat tubuhnya jadi lebih bugar, tapi membuat pikirannya lebih tenang.

Menurut Ratna, ketenangan pikiran juga punya andil dalam kebugaran dan tetap awet muda.

"Singkirkan perasaan sedih, berpikir positif, ikhlas. Juga tanam kebaikan karena kita akan menabur kebaikan," pungkas dia.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018