Magelang  (ANTARA News) - Tim putri PB Djarum selangkah lagi membawa pulang Susy Susanti yang merupakan nama piala kejuaraan bulu tangkis Blibli.com Superliga Junior 2018 U-19 setelah di babak semifinal mengalahkan tim PB Jaya Raya Jakarta dengan skor 3-1

Bertanding di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, tim yang bermarkas di Kudus ini membuka pertandingan dengan kekalahan setelah pemain tunggal andalannya, Desima Aqmar Syarafina harus menyerah dari tunggal PB Jaya Raya Maharani Sekar Batari dengan skor 13-21, 21-16 dan 13-21.

Tertinggal 0-1, PB Djarum menggeber pertandingan lewat pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto. Pada laga keduanya ini pasangan tim yang berbasis di Kudus ini berhasil mengalahkan pasangan Jaya Raya, Dhea Bunga Anjani/Dinda Dwi Cahyani dua gim langsung, 21-13, 21-10 dan membuat kedudukan menjadi 1-1.

Mampu menyamakan kedudukan, pemain PB Djarum lebih percaya diri. Terbukti tunggal kedua Savira Sandradewi mampu meraih kemenangan saat menghadapi Olivia Chelin Maria Kambey. Meski menang, Savira sempat kalah di gim pertama tapi mampu bangkit di dua gim selanjutnya adapun skornya adalah 13-21, 21-18, 22-20.

Partai penentuan, ganda putri PB Djarum Agatha Imanuel/Siti Fadia Silva melawan Denisa Dwi/Nahla Aufa dari Jaya Raya berjalan seru. Namun pasangan PB Djarum akhirnya mampu menang sekaligus memastikan diri ke final usai menuntaskan dengan skor 21-13, 21-10.

"Di fase grup banyak atlet kita yang tertekan untuk bertanding di format beregu. Makanya kami instruksikan semuanya bermain lepas dan menunjukkan performa maksimal. Hasilnya mulai kelihatan," kata manajer tim PB Djarum Fung Permadi.

Pada partai final di GOR PB Djarum Magelang, Minggu (21/10), PB Djarum akan berhadapan dengan PB Exist Jakarta yang dipertandingan semifinal yang lain menang atas PB Mutiara Cardinal 3-0. Laga final U-19 putri akan digelar di GOR Djarum, Magelang, Minggu (21/10).

Selain di tim putri U-19, PB Djarum juga meloloskan tim putra dan putri untuk kategori U-17. Untuk putri di final akan berhadapan PB Jaya Raya dan untuk putra akan menghadapi PB Exist Jakarta.

Blibli Superliga Junior 2018 diikuti 13 klub baik dari dalam maupun luar negeri dan bersaing untuk memperebutkan piala bergengsi dari dua kategori usia yaitu U-17 dan U-19 baik putra maupun putri. Sistim ini akan menggunakan format kejuaraan Thomas Cup dan Uber Cup. Setiap tim terdiri dari 10 pemain putra dan 10 pemain putri.

Pada kategori U-19, piala yang diperebutkan adalah Piala Liem Swie King untuk sektor putra dan Piala Susy Susanti untuk putri. Sementara itu, perubahan nama piala terjadi di kategori U-17. Jika pada tahun sebelumnya piala yang diperebutkan ialah Piala Superliga Junior, tahun ini peyelenggara mengabadikan nama Hariyanto Arbi sebagai piala untuk U-17 putra dan Yuni Kartika untuk putri. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018