Bandarlampung (ANTARA News) - Staf Ahli Sosial Politik Kapolri Irjen Pol Ike Edwin memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung yang membuka pelayanan pembuatan KTP, KK dan Akta Kelahiran keliling.

"Saya sangat senang, banyak terobosan baru yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Waykanan untuk pelayanan kepada masyarakat," ujar Irjen Pol Ike Edwin di Bandarlampung, Sabtu malam.

Layanan tersebut disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Waykanan.

Menurut Ike Edwin, sudah sewajarnya dilakukan terobosan jemput bola untuk pelayanan KTP, KK dan Akta Kelahiran bagi masyarakat Waykanan.

Selain itu, sistem jemput bola ini sangat baik karena warga tidak usah jauh-jauh ke ibu kota kabupaten untuk membuat atau melakukan perekaman KTP elektronik atau pembuatan KK.

Ike Edwin menjelaskan dengan dipimpin oleh Bupati yang baru, muda dan energik, bisa mewujudkan Kabupaten Waykanan lebih baik pada tahun-tahun mendatang.

"Bupati muda harus bisa memberikan banyak terobosan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan," katanya.

Ia menjelaskan pelayanan KTP, KK dan Akta Kelahiran keliling ini dapat membantu dan mempermudah masyarakat khususnya yang sudah lansia.

Hampir rata-rata masyarakat enggan melakukan perekaman KTP-e karena jarak dari kecamatan sampai di kabupaten cukup jauh, antre dan lama.

Pelayanan ini bisa mendata masyarakat yang belum memiliki KTP agar datang ke posko pelayanan keliling yang dilakukan oleh dinas terkait.

Ike Edwin mengharapkan agar masyarakat memanfaatkan adanya pelayanan keliling itu. Bila belum melakukan perekaman data dapat segera melakukannya sehingga saat Pemilu tahun 2019 bisa?menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: Mendagri minta pembuatan KTP elektronik dimaksimalkan

Baca juga: BPPT: alat pembaca e-KTP segera uji publik

Pewarta: Triono Subagyo dan Emir FS
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018