Dortmund masih kuasai puncak klasemen setelah pecundangi Stuttgart

Dortmund masih kuasai puncak klasemen setelah pecundangi Stuttgart

Marco Reus merayakan gol yang dibukukannya pada pertandingan Liga Jerman Borussia Dortmund melawan vfB Stuttgart yang dimainkan di Mercedes Benz Arena, Stuttgart, pada Sabtu (20/10/2018) malam. (twitter.com/BVB)

Jakarta (ANTARA News) - Borussia Dortmund masih menguasai puncak klasemen, berkat kemenangan 4-0 di markas VfB Stuttgart pada pertandingan lanjutan Liga Jerman yang dimainkan di Mercedes Benz Arena, Stuttgart, Jerman, Sabtu malam WIB.

Gol-gol kemenangan Dortmund tersebut dibukukan oleh Jadon Sancho, Marco Reus, Paco Alcacer, dan Maximilian Philipp, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Jerman.

Dortmund menatap laga ini dengan mengincar kemenangan beruntun kelima di semua kompetisi, dan kepercayaan diri mereka terlihat ketika Sancho membuka keunggulan timnya ketika pertandingan baru berlangsung tiga menit. Setelah pergerakan bagus dari Jacob Bruun Larsen di sisi kiri, umpan silang Reus terdefleksi ke arah pemain Inggris tersebut, yang sambarannya melewati Emiliano Insua untuk masuk ke dalam gawang.

Permainan Frankfurt sempat membaik dan hampir menyamakan kedudukan melalui Christian Gentner, namun dua gol dalam rentang waktu dua menit membawa Dortmund unggul tiga gol. Reus menyambar umpan tarik Lukasz Piszczek pada menit ke-23, dan penyerang Spanyol Alcacer menambahi gol ketiga dengan memanfaatkan kesalahan Benjamin Pavard pada menit ke-25, untuk membuat ia mendampingi penyerang Eintracht Frankfurt Luka Jovic dengan koleksi tujuh gol di puncak daftar pencetak gol Liga Jerman.

Stuttgart memiliki peluang emas untuk mengemas gol balasan pada menit ke-3 babak kedua, namun Gentner hanya dapat memegangi kepalanya ketika tembakannya dari dalam kotak penalti melambung. Tuan rumah terus menekan dan kiper Roman Buerki memperlihatkan refleks bagus untuk menggagalkan upaya Santiago Ascacibar.

Pelatih Lucien Favre kemudian menarik Alcacer saat turun minum, dan penggantinya, Philipp, mengemas gol penutup bagi kemenangan Dortmund.

Pada pertandingan lain, Bayern Muenchen berrhasil bangkit dari rentetan hasil buruk dengan kemenangan 3-1 di markas Wolfsburg, hasil yang membuat Muenchen untuk sementara menghuni peringkat ke-3 di klasemen dengan 16 poin.

Robert Lewandowski membuka keunggulan Muenchen pada menit ke-30 berkat keberhasilannya melesakkan bola ke sela-sela kaki kiper Koen Casteels. Penyerang Polandia itu menggandakan keunggulan Muenchen pada menit ke-49, mendapatkan bola dari William, ia kemudian mengecoh Casteels dan memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Laga ini terlihat sudah akan selesai sampai Arjen Robben mendapat kartu kuning kedua yang membuat Muenchen harus bermain dengan sepuluh pemain pada 30 menit terakhir. Pemain pengganti Wolfsburg Daniel Ginczek dan Admir Mehmedi kemudian bekerja sama untuk memberikan umpan kepada Weghorst untuk memperkecil ketertinggalan Wolfsburg.

Namun harapan Wolfsburg untuk dapat menyamakan kedudukan sirna ketika James Rodriguez mencetak gol dengan memanfaatkan operan Lewandowski dan menaklukkan Casteels di tiang dekat untuk merestorasi keunggulan dua gol Muenchen.

Susunan pemain:
Stuttgart: Zieler, Maffeo (Beck 78’), Pavard, Baumgartl, Insua, Castro (Babstuber 46’), Ascacibar, Gentner, Gonzalez, Gomez, Thommy (Akolo 69’)
Pelatih: Markus Weinzierl

Dortmund: Buerki, Piszczek, Diallo, Zagadou, Hakimi, Witsel, Delaney, Sancho, Reus (Goetze 80’), Bruun Larsen (Pulisic 66’), Alcacer (Philipp 46’)
Pelatih: Lucien Favre

Baca juga: Pratinjau pekan kedelapan: Dortmund berpeluang perbesar keunggulan

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Jerman, Dortmund kokohkan posisi Muenchen kembali tergelincir

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar