Pirelli umumkan ban untuk F1 2019

Pirelli umumkan ban untuk F1 2019

Tangkap layar pengumuman ban baru Pirelli untuk F1 2019. (formula1.com)

Jakarta (ANTARA News) - Pirelli akhirnya mengumumkan pilihan ban yang akan digunakan untuk balapan Formula 1 (F1) 2019 jelang berlangsungnya Grand Prix Amerika Serikat di Austin, Texas.

Berbeda dengan kode warna ban 2018 yang seperti pelangi, untuk tahun depan Pirelli hanya menyediakan tiga kode warna, yaitu putih untuk ban dengan kompon keras (hard), kuning untuk ban sedang (medium) dan merah untuk berkompon lembut (soft) untuk setiap Grand Prix, demikian dliansir dari situs resmi F1.

“Kami telah lama membicarakan hal ini dengan tim balap, FIA, dan Formula 1,” kata Mario Isola, Kepala Divisi Balap Mobil Pirelli. 

"Ide dibalik perubahan ini adalah untuk membuat ban yang lebih mudah dikenali dan dijelaskan - terutama untuk televisi - serta dengan jelas menunjukkan secara spesifik kompon ban apa yang digunakan pada setiap balapan."

Penyederhaan ini tidak berarti hanya ada tiga tekstur ban. Kompon hard, medium and soft yang digunakan akan dibedakan sesuai karakteristik dari masing-masing sirkuit. 

Misalnya, ban soft untuk Monaco akan sangat berbeda dari ban soft untuk Silverstone atau Suzuka, karena ban untuk Monaco akan menggunakan kompon yang lebih lembut.

Sebelum setiap balapan di tahun depan, Pirelli akan mengumumkan secara spesifik kompon hard, medium and soft yang akan digunakan.. 

Pabrikan ban asal Italia itu mengatakan bahwa sistem baru ini akan memudahkan penggemar kasual untuk membedakan jenis ban yang digunakan, namun tetap memungkinkan publik untuk mengetahui jenis kompon yang digunakan dengan lebih spesifik. (KR-FDA)

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Luis Leeds Optimistis Bawa Bendera Merah Putih ke F1

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar