Austin, Texas, (ANTARA News) - Lewis Hamilton yang membela Tim Mercedes selangkah lagi merebut gelar juara balap mobil Formula Satu untuk kelima kalinya setelah menempati posisi start terdepan di Grand Prix AS, Minggu (Senin WIB).

Sementara saingan terdekatnya Sebastian Vettel dari Ferrari, akan mengawali lomba dari posisi start kelima.

Hamilton, pembalap Inggris itu, akan menjadi pembalap ketiga yang mampu merebut setidaknya lima gelar juara jika meraih delapan poin lebih banyak dibanding Vettel pada lomba Minggu waktu setempat ((Senin WIB).

Hamilton akan mengawali lomba di barisan terdepan (pole position) bersama pembalap asal Finlandia Kimi Raikkonen.

Vettel sebenarnya akan menempati start baris kedua karena hanya lebih lambat 0,061 detik dari Hamilton, tetapi ia dapat penalti dan diturunkan tiga tingkat gara-gara melakukan kesalahan karena tetap memacu kencang kendaraannya meski bendera merah sudah dikibarkan pada sesi latihan Jumat.

Bagi Hamilton, start terdepann adalah sebuah rekor baru, yaitu untuk ke-81 kali, atau ketiga secara beruntun di Sirkuit Austin, dan kesembilan sepanjang musim lomba tahun ini.

Catatan waktu satu menit 32,237 detik, juga menjadi sebuah rekor tersendiri bagi Hamilton.

"(Start terdepan) itu sangat penting, sudah dekat," kata pembalap Inggris itu sambil melambaikan tangan di kerumunan penggemarnya.

"Saat memasuki lomba terakhir, saya tahu hal itu membuat kami cukup tegang. Itu akan membutuhkan putaran yang solid. Pembalap Ferrari jelas sangat cepat," katanya.

Ferrari telah memperlihatkan kemampuan mereka dengan menempati start terdepan kedua di babak kualifikasi dengan mengandalkan Kimi Raikkonnen dan Sebastian Vettel.

Ketatnya persaingan di antara ketiga pembalap itu dapat dilihat dari selisih waktu yang kurang dari sepersepuluh detik.

"Saya cukup gembira karena kami bisa kembali bersaing. Hasil babak kualifikasi hari sangat ketat, kami tidak mengira bisa seketat ini," kata Vettel.

Jika Hamiton tampil sebagai juara untuk merebut gelar kelima secara beruntun, maka Vettel yang juga sudah mengumpulkan empat gelar juara, harus mampu berada di posisi kedua untuk menjaga peluang pada lomba di Meksiko minggu depan.

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, akan berbagi posisi di baris kedua dengan Daniel Ricciardo dari Australia (Red Bull).

Pembalap Timm Force India, Esteban Ocon, akan memulai lomba dari keenam, disusul pembalap Renault Nico Hulkenberg di posisi tujuh dan Romain Grosjean (Haas) di tempat kedelapan.

Haas adalah satu-satunya tim Formula Satu yang mewakili tuan rumah AS.

(Uu.A032
Baca juga: Peluang Hamilton raih gelar juara dunia di Austin

Baca juga: Vettel kena sanksi, peluang Hamilton rebut gelar juara makin besar

Pewarta: .
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018