Bontang, (Antara News) - Ratusan peserta turut meramaikan kegiatan Sepeda Nusantara Etape Bontang di lapangan Detasemen Rudal 002 Batalyon Artileri Pertahanan Udara, kota Bontang, Kalimantan Timur, Minggu.

Puluhan komunitas sepeda menempuh rute sejauh 25 kilometer di kota gas dan pupuk itu dalam salah satu program kegiatan Kementerian Pemuda dan Olahraga

"Kami berharap kegiatan bersepeda ini menjadi sebuah tradisi di berbagai daerah di Indonesia. Dengan bersepeda, tingkat kebugaran masyarakat Indonesia bisa meningkat di atas 30 persen," kata Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Teguh Raharjo di Bontang.

Kota yang terletak sekitar 120 kilometer dari Ibukota Kalimantan Timur Samarinda itu, menurut Teguh, juga menyelenggarakan program Gala Desa, selain Sepeda Nusantara.

"Dua program itu akan semakin meningkatkan kebugaran masyarakat selain juga menampilkan potensi bibit-bibit atlet nasional yang akan mewakili Indonesia dalam kejuaraan internasional," ujar Teguh.

Teguh menambahkan program Sepeda Nusantara menjadi salah satu program unggulan Kemenpora sejak 2017 dan akan menjadi program berkelanjutan hingga 2019.

Program Sepeda Nusantara merupukan kelanjutkan program Gowes Pesona Nusantara yang telah mendapatkan persetujuan dari DPR RI sekaligus menjalankan amanat Presiden No. 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kegiatan program Sepeda Nusantara Etape Bontang itu juga sekaligus menjadi peringatan HUT Kota Bontang ke-19 dan HUT TNI ke-73. ***4***

Baca juga: Ribuan pesepeda meriahkan "Sepeda Nusantara" di Kediri

Baca juga: Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 sapa warga Sampit

 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018