Jakarta, (Antara News) - Tim nasional U-19 Indonesia tertinggal dengan skor 1-4 dari Qatar di babak pertama laga lanjutan Grup A Piala U-19 Asia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Keempat gol Qatar tersebut dicetak oleh Hashim Ali (7'), Abdulrasheed Umaru (14', 41') dan Mohammed Waad (24'). Sementara gol balasan Indonesia ditorehkan gelandang Muhammad Luthfi Kamal (28').

Indonesia sejatinya memulai laga dengan baik. Menerapkan umpan-umpan pendek dan mencoba menguasai laga, Indonesia sempat membuat pertahanan Qatar kewalahan pada lima menit awal pertandingan.

Namun, situasi berubah pada menit ke-11 setelah bek Qatar Hashim Ali mencetak gol ke gawang Indonesia. Gol terjadi setelah bek Nurhidayat Haji Haris gagal mengantisipasi umpan dari sisi kiri pertahanan Indonesia yang membuat bola sampai ke kaki Hashim.

Setelah gol itu, barisan pertahanan Indonesia tampak gugup dan kembali melakukan kesalahan di menit ke-14. Penyerang Qatar Abdulrasheed Umaru sukses memanfaatkan itu untuk mencetak gol dan mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Indonesia yang terus berusaha mendapatkan gol justru lagi-lagi kebobolan pada menit ke-24. Kali ini Mohammed Waad yang mencatatkan namanya di papan skor setelah bola hasil tendangan jarak jauhnya membentur tubuh Nurhidayat Haji Haris dan masuk ke gawang Indonesia yang dikawal Muhamad Riyandi.

Anak-anak asuh pelatih Indra Sjafri baru dapat memperkecil jarak menjadi 1-3 usai Muhammad Luthfi menjebol gawang Qatar dari tendangan bebas dari luar kotak penalti di menit ke-28.

Sempat mendapatkan kesempatan mencetak gol di menit ke-31 melalui Egy Maulana Vikri, Indonesia menelan pil pahit lagi pada menit ke-41 karena sepakan keras Abdulrasheed Umaru melesak mulus ke gawang Muhamad Riyandi.

Tak ada gol lain tercipta setelahnya. Indonesia tertinggal 1-4 hingga pertandingan memasuki masa jeda.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-19 Indonesia: Muhamad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris (kapten), Rachmat Irianto, Firza Andika, Muhammad Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Muhammad Rafli Mursalim.

Timnas U-19 Qatar: Salah Zakaria Hassan, Nasir Peer Baksh (kapten), Ahmed Albakheet, Abdollah Ali Saei, Youssef Ayman, Abdulrasheed Umaru, Khaled Mohammed M. Saleh, Abdulla Nasser, Hashim Ali, Mohammed Waad Albayati, Ahmed Suhail. ***4***

Baca juga: Hadapi Qatar, timnas U-19 tetap andalkan Egy-Witan

Baca juga: UEA Lolos Delapan Besar Piala U-19 Asia

Baca juga: Indonesia versus Qatar, pertarungan tim dengan masalah serupa

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018