Saya bangga dengan perjuangan pemain
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional sepak bola U-19 Indonesia Indra Sjafri menyesalkan kesalahan individu pemainnya kontra Qatar dalam laga lanjutan Grup A Piala U-19 Asia 2018, Minggu, yang berujung gol lawan.

Timnas U-19 Indonesia sendiri takluk 5-6 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta tersebut.

"Dalam pertandingan tadi, yang menjadi masalah utama adalah individual pemain bukan organisasi tim," ujar Indra Sjafri usai pertandingan kontra Qatar.

Menurut Indra, hal ini menjadi salah satu evaluasi yang akan dilakukan dirinya dan tim.

Dia pun menunjuk kapten sekaligus bek tengah tim Nurhidayat Haji Haris sebagai sosok yang membuat kesalahan atas gol pertama Qatar di menit ketujuh.

Ketika itu, Nurhidayat gagal mengendalikan bola umpan silang dengan baik yang membuat bola beralih ke kaki pemain Qatar Hashim Ali. Nama terakhir ini tanpa kesulitan melesakkan bola ke gawang yang dikawal Muhamad Riyandi.

"Setelah membuat kesalahan, Nurhidayat berusaha menebus kekeliruannya dan itu justru membuatnya keluar dari permainan tim. Kami pun kebobolan lagi di babak pertama dan saya pun menggantinya di paruh kedua," tutur Indra.

Performa tim secara keseluruhan pun mendapat sorotan dari Indra. Menurut dia, para pemainnya cenderung bermain terburu-buru di awal pertandingan karena mengejar gol cepat.

Sayangnya, justru itu menjadi bumerang dan Indonesia bahkan tertinggal 0-3 ketika laga baru berjalan 24 menit.

"Pertahanan ini memang menjadi pekerjaan rumah kami," tutur pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Meski demikian, walau anak-anak asuhnya melakukan kesalahan dalam pertahanan, secara umum Indra senang dengan semangat juang pemainnya terutama di paruh kedua sehingga bisa memperkecil kedudukan dari 6-1 menjadi 6-5 di akhir pertandingan.

"Saya bangga dengan perjuangan pemain," kata Indra.
 
Pelatih tim nasional sepak bola U-19 Indonesia Indra Sjafri. (2018 Asian Football Confederation)



Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia dikalahkan Qatar dalam pertandingan lanjutan Grup A Piala U-19 Asia 2018, Minggu, yang berakhir dengan skor 6-5.

Qatar unggul terlebih dahulu melalui gol Hashim Ali (10', 50'), Abdulrasheed Umaru (14', 41', 56) dan Mohammed Waad (24').

Indonesia membalas melalui deretan gol penyerang timnas U-19 Indonesia Todd Ferre menorehkan trigol dengan golnya di menit ke-65, 72' dan 80', serta dua gol lainnya ditorehkan gelandang Muhammad Luthfi Kamal (28'), Saddil Ramdani (68').

Kekalahan tersebut membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala U-19 Asia 2018 karena kalah "head to head" dengan Qatar yang bertengger di peringkat kedua, meski sama-sama berpoin tiga.

Uni Emirat Arab memimpin grup tersebut dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Adapun Taiwan menjadi juru kunci setelah tak pernah menang dari dua laga. 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018