Bawaslu Situbondo libatkan pemilih pemula awasi pemilu

Bawaslu Situbondo libatkan pemilih pemula awasi pemilu

Ilustrasi - Logo Bawaslu.(ANTARA)

Situbondo (ANTARA News) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melibatkan pemilih pemula di setiap desa dalam pengawasan Pemilu 2019.

"Masyarakat sangat berperan penting membantu panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslucam) dalam pengawasan pemilu jujur dan adil," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Murtapik usai Sosialisasi Pengawasan Partisipatif "Desa Awas" di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Minggu malam.

Ia berharap bawaslu melaksanakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan melibatkan masyarakat sehingga muncul partispasi dari masyarakat sendiri membantu mengawasi pemilu.

Selain itu, dia juga berharap sosialisasi ini mengajak partisipasi masyarakat hadir di TPS serta seluruh pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan sesuai dengan peraturan dan perundang-perundangan.

"Itulah yang menjadi komitmen bawaslu untuk terus bekerja dalam rangka memastikan pelaksanaan pemilu berjalan sesuai dengan aturan dan undang-undang yang ada, khususnya di Situbondo," tuturnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamtan Panji Ricki menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat turut serta mengawasi pelaksanaan pemilu dengan harapan dapat membantu panwaslucam ketika terdapat pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu.

"Para peserta sosialiasi pengawasan partisipatif ini kami pilih pemilih pemula perwakilan dari masing-masing desa," katanya.

Data diperoleh, sosialisasi pengawasan partisipatif ini dilaksanakan oleh panwaslucam di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Situbondo.

Baca juga: KPU Bekasi apresiasi antusiasme pemilih pemula

Baca juga: Suara pemilih pemula tentukan masa depan bangsa

Baca juga: Perlu cara kreatif jaring pemilih pemula

Baca juga: Banten genjot perekaman KTP-e untuk pemilih pemula

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar