"...kita sebenarnya ada pada satu titik untuk siap melakukan transformasi ekonomi tanpa harus memindahkan pertanian ke industri"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan strategi pembangunan ekonomi dalam empat tahun Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla memperhatikan keseimbangan antara sisi permintaan dan penawaran.

"Kalau sisi demand itu yang diutak-atik moneter dan fiskal, sedangkan kalau supply membangun infrastruktur, sumber daya manusia, dan pertanahan," kata Darmin dalam pemaparan empat tahun kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa.

Mantan gubernur Bank Indonesia tersebut menjelaskan bahwa keseimbangan dalam strategi pembangunan antara sisi permintaan dan penawaran akan membantu kemajuan ekonomi yang terwujud pada transformasi struktural.

Transformasi struktural sering diartikan sebagai peralihan dari sektor tradisional ke sistem modern. Proses peralihan semacam itu memerlukan pembangunan ekonomi, terutama dari sisi penawaran.

"Begitu seimbang, kita sebenarnya ada pada satu titik untuk siap melakukan transformasi ekonomi tanpa harus memindahkan pertanian ke industri. Kegiatan pertanian ditransformasi menjadi lebih komersial karena infrastrukturnya ada," kata Darmin.

Selain melalui infrastruktur, pembangunan untuk mendukung sisi penawaran perekonomian juga dilakukan dengan pengembangan pendidikan vokasi dan reforma agraria.

Pendidikan vokasi rencananya akan mulai dilaksanakan secara penuh 2019. Persiapan yang telah dilakukan antara lain perubahan kurikulum, penyiapan pengajar, dan metode belajar mengajarnya.

"Nantinya tidak lagi sekadar mengandalkan ijazah, karena lulusan SMK dapat ijazah namun belum tentu dapat kerja. Yang dilakukan adalah setiap tahun harus punya standar kompetensi. Kalau urusannya membangun rumah maka ada kompetensi membuat pondasi, atap, dan lain-lain," ujar Darmin.

Sementara terkait reforma agraria, lanjut dia, pemerintah sudah mulai melakukan pembagian sertifikat tanah yang kemudian akan dilanjutkan dengan perhutanan sosial dan redistribusi lahan.

Baca juga: Moeldoko buka pemaparan empat tahun kinerja Jokowi-JK

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018