Ma'ruf Amin minta santri selalu optimistis

Ma'ruf Amin minta santri selalu optimistis

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di Palangkaraya, Selasa (23/10/2018). (Istimewa)


Jakarta (ANTARA News) - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin meminta para santri untuk selalu optimistis dalam membantu membangun Indonesia yang lebih baik dan tidak tunduk pada pandangan pesimistis yang menyebut Indonesia akan bubar. 

"Bagi yang pesimistis, katanya Indonesia akan bubar. Padahal, kita harus memanfaatkan milestones yang sudah disiapkan oleh Pak Jokowi. Kalau ini kita manfaatkan, Indonesia bisa tinggal landas," kata Ma'ruf Amin di hadapan santri dan ulama yang berkumpul untuk merayakan Hari Santri Nasional di Asrama Haji Kalimantan Tengah, sebagaimana siaran pers di Jakarta, Selasa. 

Mustasyar PBNU itu menekankan para santri harus bisa menjadi sumber daya manusia yang tangguh, memiliki kompetensi dan semangat tinggi dalam membangun Indonesia.

Dia bercerita soal semangat tangguh para atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu. Awalnya target medali para atlet dipatok tidak terlalu tinggi. 

Tapi belakangan, dengan semangat juang yang tinggi, para atlet justru melipatgandakan perolehan emas dari target awal. Bahkan di Asian Games, Indonesia menjadi peringkat keempat.

"Kita harus memiliki fighting spirit yang tinggi seperti itu," kata Ma'ruf.

Dia meminta para santri menyiapkan diri ke depan. Para santri harus mampu bersaing dan mengambil peran dalam pembangunan ekonomi nasional.

Ma'ruf juga menganjurkan agar selain mampu membaca ayat Al Quran, para santri harus bisa membaca tata kehidupan masyarakat dan mencarikan solusi atas problem yang terjadi di masyarakat. 

"Para santri harus mampu membaca situasi, keadaan politik, ekonomi, dan sosial budaya. Bukan hanya membaca, tapi mencarikan solusi untuk menguraikan dan menyelesaikan problem di masyarakat," kata Ma'ruf.

Setelah melakukan serangkaian safari dan roadshow ke beberapa kota di Sumatera dan Jawa, Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin, mengunjungi Kalimantan, Selasa.

Kunjungan ke Kalimantan ini merupakan pertama kalinya bagi Ma'ruf pascaditetapkan KPU sebagai pendamping Jokowi di Pemilu 2019. Ketua Umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia itu mengunjungi Kota Palangkaraya. 

Dalam kunjungannya ke Kalimantan Tengah, Ma'ruf menghadiri perayaan Hari Santri serta mengikuti acara deklarasi dan pengkuhan Tim Kampanye Daerah Jokowi-KH Ma'ruf Amin, sekaligus peresmian Rumah KMA Provinsi Kalteng. Acara di Kalimantan akan ditutup dengan ramah tamah dengan tokoh masyarakat di Kalteng.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Sigit Pinardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar