Pola asuh anak ala Mona Ratuliu

Pola asuh anak ala Mona Ratuliu

Mona Ratuliu saat ditemui dalam acara "Merck Teaching and Giving Generasi Bebas" yang diselenggarakan di SDN Cisitu, Serang, Banten, Selasa (23/10/2018). (ANTARA News/Anggarini Paramita)

Serang, Banten (ANTARA News) – Presenter Mona Ratuliu memiliki kiat khusus dalam mendidik ketiga buah hatinya, Davina Syafa Felisa (15 tahun), Barata Rahadian Nezar (9 tahun), dan Syanala Kania Salsabila (6 tahun). 

Menurut Mona, orangtua itu sering bermain sama anak tapi pikirannya “terbang” entah kemana. 

“Orangtua bersama anak itu harus bergaul lahir dan batin," kata istri aktor Indra Brasco kepada Antara usai “Merck Teaching and Giving Generasi Bebas” di SDN Cisitu, Serang, Banten, Selasa.

"Pastikan bahwa kita benar-benar hadir untuk mereka, walau hanya lima menit atau 15 menit saja. Dibanding kita bermain sama anak, tapi mikirin gadget, atau besok makan apa. Jiwa kita itu benar-benar untuk anak-anak,” katanya.

Selain itu, Mona merasakan bahwa orangtua mesti mengajarkan tanggung jawab, berjuang, dan mandiri. 

“Sekarang kan beda banget ya. Teknologi, kan canggih banget. Jadi, anak kurang berjuang. Beda sama zaman aku, yang kemana-mana jalan kaki. Sekarang, kan ada ojek online. Dulu, kan berjuang banget,” tutur perempuan kelahiran 1982. 

Mona ternyata tidak membiarkan anaknya begitu saja mendapatkan kemudahan. Umpamanya saja, anaknya hendak meminjam iPad atau menonton televisi. 

“Anak-anak tidak begitu saja dibolehin nonton TV. Sebelum nonton TV atau iPad, misalnya, ya aku minta mereka untuk mengerjakan sesuatu. Aku minta mereka mandi dulu, apakah sudah mengerjakan PR, menyiram tanaman, atau cuci piring. Baru deh kalau mereka sudah mengerjakan syarat itu semua, aku pinjamkan gadget atau boleh menonton TV,” pungkas aktris yang melejit dalam sinetron “Lupus Millenia”. 

Baca juga: Cara Mona Ratuliu cegah anaknya kecanduan gadget
 

Pewarta: Anggarini Paramita
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Ciptakan SDM unggul melalui pola asuh anak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar