Kami akan mengikutsertakan mereka dalam kejuaraan Piala Menpora-Emeralda 2018 di Tapos, Depok, pada 25-27 Oktober serta kejuaraan di Pondok Indah pada akhir tahun nanti
Jakarta (ANTARA News) - Pemusatan latihan nasional Persatuan Golf Indonesia (PGI) membidik keikutsertaan atlet-atlet nasional dalam dua turnamen hingga Desember 2018 sebagai persiapan menuju SEA Games 2019.

"Kami akan mengikutsertakan mereka dalam kejuaraan Piala Menpora-Emeralda 2018 di Tapos, Depok, pada 25-27 Oktober serta kejuaraan di Pondok Indah pada akhir tahun nanti," kata Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Golf Indonesia (PGI) I Gusti Putu Gede selepas jumpa pers Turnamen Piala Menpora-Emeralda di Jakarta, Selasa.

Putu Gede mengatakan atlet-atlet Indonesia tidak mengikuti kejuaraan internasional hingga akhir 2018 dan hanya mengikuti dua kejuaraan di Jakarta dan Depok itu.

"Pesaing terberat pada SEA Games 2019 adalah pemain-pemain amatir dari Thailand serta tuan rumah Filipina. Pemain-pemain kami masih mampu mengatasi atlet-atlet Malaysia dan Singapura pada SEA Games," katanya.

Lapangan golf Emeralda Golf Club, menurut Putu Gede, punya karakter lapangan yang jauh. Tapi, pemain-pemain amatir Indonesia sudah terbiasa bermain di lapangan yang berlokasi di Tapos, Depok itu.

"Evaluasi dari Asian Games 2018 di Pondok Indah, atlet-atlet kami tidak ada kendala di lapangan. Kami harus akui atlet-atlet negara lain seperti China punya kualitas yang lebih baik," katanya.

Pemain-pemain lain Asia seperti China, Jepang, dan Korea Selatan, menurut Putu Gede, punya kemampuan beradaptasi dengan lapangan lebih cepat sehingga mampu mencetak skor lebih baik di Pondok Indah, dalam Asian Games 2018.

Pelatnas PGI terdiri dari 11 atlet yang terdiri dari enam atlet putra dan lima atlet putri yang akan terus berlatih dan mengikuti SEA Games 2019 tanpa ada promosi ataupun degradasi.

"Kami ingin pemain-pemain pelatnas dapat meraih gelar juara Piala Menpora-Emeralda 2018 sehingga mereka dapat mengikuti kejuaraan Asia-Pasifik dan menambah ilmu dalam kompetisi internasional," kata Putu Gede. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018