Jakarta (ANTARA News) - Sebuah gol telat yang dicetak pemain pengganti TSG Hoffenheim, Joelinton, memastikan hasil imbang 3-3 kontra Olympique Lyon sekaligus memaksa tim tamu pulang dengan mengantongi satu poin dari Stadion Rhein-Neckar-Arena, Sinsheim, Jerman, Rabu dini hari WIB.

Gol Joelinton tersebut mengubur kebangkitan Lyon yang disokong gol-gol Bertrand Traore, Tanguy N'Dombele dan Memphis Depay sebagai balasan dwigol Andrej Kramaric bagi Hoffenheim dalam laga lanjutan penyisihan Grup F Liga Champions itu, demikian catatan pertandingan laman resmi UEFA.

Hasil itu membuat Hoffenheim sedikit memperbaiki posisinya di klasemen dengan membukukan dua poin dan naik ke peringkat ketiga, sedangkan Lyon (5) harus rela posisi puncak klasemen diambil alih Manchester City (6) yang sukses mencukur Shakhtar Donetsk (2) di pertandingan lain.

Kendati tampil di kandang lawan, Lyon lebih dulu membuka keunggulan pada menit 26 memanfaatkan kesalahan upaya umpan balik Kevin Vogt kepada kiper Oliver Baumann yang terlalu lemah dan mudah dicuri Traore sebelum dengan dingin menyarangkannya ke dalam gawang.

Barisan pertahanan yang rapuh juga berperan dalam gol penyama kedudukan bagi Hoffenheim enam menit kemudian. Para pemain belakang Lyon membiarkan Kramaric berdiri bebas dan gagal menghalau sundulan rekannya, sehingga penyerang Kroasia itu dengan mudah menggetarkan jala gawang dari jarak dekat.

Dua menit jelang turun minum Hoffenheim hampir membalikkan keadaan namun Adam Szalai yang bebas tanpa kawalan kala menyambut umpan tarik Pavel Kaderabek hanya melepaskan tembakan melenceng dari sasaran.

Baca juga: Manchester City cukur Shakhtar tiga gol tanpa balas

Dua menit memasuki babak kedua tuan rumah akhirnya berbalik unggul 2-1 atas Lyon ketika Kramaric mencetak gol keduanya, dengan memanfaatkan umpan kiriman Kerem Demirbay.

Hoffenheim membuang dua peluang berbahaya lewat Demirbay dan Kaderabek sebelum kemudian Lyon malah menyamakan kedudukan ketika Traore melepaskan umpan terobosan yang disambut N'Dombele dengan sepakan yang tak mampu dihentikan Baumann pada menit 59.

Ishak Belfodil kembali membuang peluang emas di dalam kotak penalti saat tembakannya tak cukup melengkung ke area tiang jauh pada menit 65 yang ternyata harus dibayar mahal lantaran dua menit kemudian Lyon mengambil alih keunggulan.

Sebuah aksi individual diperlihatkan Depay dengan berlari mengecoh pengawalan barisan pertahanan Hoffenheim sebelum melanjutkan menusuk ke dalam dan melesakkan bola ke area tiang jauh dan mengubah kedudukan menjadi 3-2 bagi tim tamu.

Di tengah upaya Hoffeheim kembali mencetak gol, Lyon sepertinya akan membawa pulang tiga poin dari Rhein-Neckar-Arena, namun kebuntuan bagi tuan rumah terpecahkan lewat sepakan keras Joelinton menyambut umpan tarik Nico Schulz di hadapan gawang pada menit 90+2.

Kedudukan imbang 3-3 terpampang di papan skor kala wasit Alberto Undiano Mallenco meniup peluit tanda laga rampung.

Baca juga: Real Madrid pungkasi paceklik kemenangan, atasi Plzen 2-1

Baca juga: Ronaldo nirgol di Old Trafford, tapi Juventus raih tiga poin


Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

TSG Hoffenheim (3-5-2): OIiver Baumann; Kevin Akpoguma, Kevin Vogt, Ermin Bicakcic (Reiss Nelson); Nico Schulz, Ishal Belfodil (Steven Zuber), Florian Grillitsch, Kerem Demirbay, Pavel Kaderabek; Andrej Kramaric, Adam Szalai (Joelinton)
Pelatih: Julian Nagelsmann

Olympique Lyon (4-3-3): Anthony Lopes; Kenny Tete, Marcelo, Jason Denayer, Ferland Mendy; Tanguy N'Dombele, Lucas Tousart, Houssem Aouar; Bertrand Traore (Pape Cheikh), Memphis Depay (Moussa Dembele), Martin Terrier (Jordan Ferri)
Pelatih: Bruno Genesio 

Baca juga: Valencia hanya kantongi satu poin dari markas Young Boys

Baca juga: Muenchen menang di markas AEK berkat dua gol dalam tiga menit

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018