Jakarta (ANTARA News) - Aktivitas modifikasi lampu mobil, dengan mengganti penggunaan bohlam bawaan menjadi LED (Light Emitting Diodes) kian diminati. 

Sejumlah penjual aksesoris lampu mobil di pusat aksesoris dan suku cadang Plaza Atrium Senen, Jakarta menyebut pemilik mobil yang mencari lampu LED ke toko mereka semakin meningkat.

"Memang makin nambah (peminatnya), dalam dua bulan bisa puluhan yang cari LED," ujar pemilik toko Galaxindo Prima Abadi, Jefry, Selasa (23/10).

Menurut Jefry, peningkatan itu terjadi lantaran penggunaan lampu LED pada mobil masih menjadi tren di banyak kalangan, terutama para generasi muda. Memasang lampu LED pada beberapa bagian mobil, seperti lampu utama, lampu sein, ataupun lampu rem bisa membuat tampilan mobil menjadi lebih gagah dan elegan.

Di samping itu, lampu LED juga memiliki keunggulan lain yaitu pancaran cahaya yang lebih terang, dan juga pemakaian daya listrik yang irit. "Listriknya lebih kecil, jadi aki mobil juga awet," ucapnya.

Sebagai perbandingan, LED untuk lampu utama mobil menggunakan daya 35 watt, sementara pada lampu bohlam bawaan mobil, daya yang digunakan sebesar 55 watt.

Beberapa model mobil yang kerap mengganti lampu bawaan menjadi LED antara lain Avanza, Rush, Innova, CR-V, Brio, dan Pajero. Mobil-mobil klasik seperti Mercedes-Benz dan Hardtop juga banyak yang melakukan modifikasi pada bagian lampu menjadi lebih modern.
 
Salah satu toko yang menjual produk lampu LED di pasar aksesoris dan suku cadang Atrium Senen, Jakarta, Selasa 23/10/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Di pusat aksesoris dan suku cadang Atrium Senen, lampu LED dijual dengan harga yang cukup bervariasi. Varian termurah dijual seharga Rp350.000. Sementara yang memiliki kualitas bagus dibanderol dengan harga sekitar Rp1 juta.

Kualitas yang dimaksud meliputi umur pemakaian yang lebih lama, pancaran cahaya yang lebih terang, dan sinar yang lebih fokus.

Bagi pemilik mobil yang ingin memiliki LED berkualitas bagus dengan harga relatif terjangkau, Jefry menyarankan untuk membeli LED dengan kisaran harga Rp500.000-Rp700.000. 

LED dengan kisaran harga tersebut, kata Jefry, biasanya sudah memiliki tingkat pencahayaan yang terang tetapi tidak menyilaukan, serta fokus sinar yang baik.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dedy, pemilik toko Barokah Motor. Lampu LED yang dijual dengan harga Rp500.000 lebih banyak diminati oleh masyarakat.

"Yang harga segini juga sudah bagus. Cahayanya terang, wattnya juga kecil," ujarnya.

Untuk membuktikan kualitas LED yang ditawarkan, para penjual biasanya akan melakukan uji coba terlebih dahulu di hadapan calon pembeli. Lampu LED dinyalakan untuk menunjukkan tingkat keterangan cahaya. 
Lampu LED dinyalakan oleh penjual untuk menunjukkan tingkat keterangan cahaya (ANTARA News/Fathur Rochman)


Tidak hanya itu, penjual juga tidak segan memberikan garansi terhadap produk LED yang mereka tawarkan. "LED ini saya kasih garansi sampai 6 bulan," pungkasnya.

Baca juga: Sepaket audio mobil cukup Rp800 ribuan

Baca juga: Pedagang pasar mobil Kemayoran keluhkan aturan perluasan ganjil genap

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018