"A Star Is Born" buka pesta pemutaran 200 film TIFF 2018

"A Star Is Born" buka pesta pemutaran 200 film TIFF 2018

Festival Film Tokyo (TIFF) 2018. (ANTARA News/Alviansyah P)

Tokyo, Jepang (ANTARA News) - Film debut sutradara Bradley Cooper serta penampilan pertama Lady Gaga di layar lebar, "A Star Is Born", resmi membuka Festival Film Tokyo (Tokyo International Film Festival/TIFF) ke-31 di Roppongi, Tokyo, Kamis. 

Secara total, sebanyak 200 judul film akan diputar di Roppongi Hills, EX Theater Roppongi, dan Hibiya Step Square Tokyo, 25 Oktober-3 November 2018.

Film yang didistribusikan Warner Brothers Pictures itu menjadi sajian pembuka pada Kamis siang, beberapa jam sebelum karpet merah dan seremoni pembukaan TIFF 2018 digelar pada Kamis petang pukul 18.00 WIB.

Film yang menampilkan Lady Gaga sebagai Ally dan Bradley Cooper yang mengisi peran Jackson Maine, juga pengarah film itu, mendapat sambutan hangat pewarta yang hadir di TIFF untuk menyaksikannya, kendati film itu sudah ditayangkan di beberapa negara.

"A Star Is Born" yang berdurasi 136 menit sukses membuat pewarta yang hadir di TIFF tidak beranjak dari kursinya untuk menyaksikan kisah Ally dari panggung kecil ke pentas yang lebih besar setelah berkenalan dengan Jackson.

Musik-musik rock dan country yang dibawakan Jackson dan nuansa pop Ally juga memberikan warna dan drama tersendiri dalam film ini.

Baca juga: Peran penting Nicholas Saputra dalam "Asian Three-Fold Mirror"

Pada hari kedua, TIFF 2018 akan memutar film berjenis antologi (omnibus) "Asian Three-Fold Mirror 2018: Journey" yang menampilkan Nicholas Saputra, Agni Pratistha, Oka Antara dan sutradara Edwin pada bagian "Variable No.3".

Salah satu bagian yang menjadi fokus pada gelaran TIFF tahun ini adalah program Crosscut Asia yang menampilkan film musikal dari Asia Tenggara, termasuk "Chaotic Love Poem" karya Garin Nugroho.

Baca juga: Film garapan Garin Nugroho bakal diputar di TIFF 2018

Ada juga 16 film festival terpilih yang tayang pada sesi kompetisi, dari 1.829 judul yang masuk dari 109 negara. Film asal Jepang "Another World dan Just Only Love" akan tampil pada sesi kompetisi itu.

Adapun program spesial tahun ini akan menampilkan pemutaran perdana film Jepang "The House Where the Mermaid Sleeps" yang disutradarai Yukihiko Tsutsumi dan dibintangi Ryoko Shinohara serta Hidetoshi Nishijima.

Pemutaran film tengah malam menjadi program tambahan yang menayangkan sinema era 80-an antara lain "Friday Night 80s Movies" antara lain "The Terminator (1984)", "A Nightmare on Elm Street (1984)", dan "RoboCop (1987)".

TIFF 2018 juga memutar "GODZILLA: Planet Eater", yang disutradarai Kobun Shizuno dan Hiroyuki Seshita, sebagai sajian terakhir dalam trilogi "Godzilla", sekaligus menutup festival pada 3 November yang bertepatan dengan hari ulang tahun Godzilla.

Baca juga: "Aach, Aku Jatuh Cinta" hingga "Go-Go Sisters" bakal diputar di TIFF 2018

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar