Ujoh Bilang, Kaltim (ANTARA News) - Bakti sosial TNI dari Korem 091/ASN Samarinda  bersama dinas kesehatan setempat melayani pemeriksaan kesehatan bagi  806 warga pedalaman di Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur.

"Bakti sosial ini merupakan salah satu bentuk hadirnya negara di wilayah perbatasan Kaltim, yakni dimanifestasikan dengan perhatian dan kepedulian TNI untuk membantu kesulitan masyarakat, terutama terhadap masalah kesehatan yang akan berkaitan dengan kesejahteraan," kata Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan, dalam sambutannya yang dibacakan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy di Ujoh Bilang, Kamis.

Rincian  pelayanan kesehatan itu adalah pelayanan alat kontrasepsi atau KB Kesehatan sebanyak 47 orang, sunatan massal 75 orang, pelayanan oleh dokter gigi sebanyak 75 warga, pengobatan massal 537 orang, imunisasi MR 4 warga, imunisasi TT 5 warga, dan donor darah diikuti 30 orang.

 "Baksos (bakti sosial) dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73 ini seyogyanya akan diselenggarakan pada 18 September 2018, namun karena ada alasan tertentu, maka baru bisa dilakukan hari ini," ujarnya.

Alasan mundurnya baksos itu adalah karena Kodam dan Korem bersama berbagai lapisan masyarakat fokus memberikan bantuan bagi korban bencana alam di Lombok dan Palu, sehingga ia mewakili seluruh jajaran TNI yang berada di Kaltim memohon maaf atas mundurnya kegiatan ini.

Baca juga: TMMD Aceh Barat buka jalan 6,5 km

Selain pelayanan kesehatan, prajurit TNI juga membagikan paket bahan makanan sebanyak 2.500 paket untuk 2.500 KK, kemudian bantuan alat, mesin pertanian dan bibit untuk 26 kelompok tani, bantuan rehab satu sekolah, meja-kursi guru dan siswa 50 set, alat olahraga untuk 5 sekolah serta bantuan alat penjernih air bagi enam kampung.

Menurut Danrem,  kawasan perbatasan bernilai strategis bagi TNI yang menjaga kedaulatan NKRI. Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat semakin mempererat semangat kekeluargaan, silaturahmi dan kebersamaan antara TNI dengan segenap masyarakat Kabupaten Mahakam Hulu guna memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang mendukung kegiatan baksos TNI  yaitu  Pemkab Mahakam Ulu, Yayasan Budha Tse Chi, Bumi Senyiur, Sinarmas Group, Bank BRI, Pertamina, PT KPC, PT TRH, PT Badak, PT Kideco, PT PKT, PT Gunung Bayan, PT Sumalindo, dan Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI.

 Baca juga: Kasad: 50 satgas dilibatkan dalam TMMD 2018

Baca juga: TNI berikan sembako kepada warga Kampung Pegubin

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018