Jakarta (ANTARA News) - Arsenal meraih kemenangan 1-0 di markas Sporting CP pada pertandingan Grup E Liga Europa yang dimainkan di Estadio Jose Alvalede, Lisbon, Portugal, Jumat dini hari WIB.

Gol semata wayang pada pertandingan tersebut dibukukan penyerang Danny Welbeck pada menit 78, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA.

Berkat kemenangan ini, The Gunners memuncaki klasemen grup dengan sembilan poin dari tiga pertandingan. Dapat dikatakan Arsenal telah meletakkan satu kakinya di putaran selanjutnya, dan kemenangan lain atas Sporting pada bulan depan akan memastikan mereka mengakhiri fase grup dengan memuncaki klasemen.

Sebaliknya, Sporting harus membawa pulang hasil positif dari Stadion Emirates jika ingin memelihara harapan dapat mencuri posisi juara grup.

Untuk pertama kalinya dalam 11 tahun, Arsenal memenangi 11 pertandingan secara berturut-turut. Mereka tidak menampilkan permainan terbaiknya di laga tersebut namun tetap layak pulang dengan tiga poin, ketika mereka mampu memperbaiki penampilan setelah turun minum untuk memaksa Sporting lebih banyak bertahan. Kemenangan ini membawa mereka berada di posisi teratas Grup E, di mana pasukan Unai Emery itu juga belum kehilangan satu poin pun.

Tuan rumah mengancam terlebih dahulu melalui sepakan Bruno Fernandes yang melambung di atas mistar gawang, sebelum tendangan bebas Henrikh Mkhitaryan dapat diatasi kiper Renan Ribeiro.

Nani kemudian menebar ancaman melalui sepakan menyudut sebelum para penggemar tuan rumah marah ketika Sokratis Papastathopoulos terlihat mendorong Fredy Montero yang sedang berlari mengarah ke gawang, wasit Damir Skomina tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Ribeiro dua kali menggagalkan peluang Pierre-Emerick Aubameyang pada babak kedua, di saat Arsenal menaikkan tempo permainan.

Welbeck merasa dirinya telah mencetak gol pada menit ke-67, namun wasit menganggap dirinya melakukan dorongan terhadap Bruno Gaspar.

Bagaimanapun, ia kemudian memaksimalkan kesalahan Sebastian Coates, sang penyerang Inggris mengemas gol keduanya di kompetisi ini untuk memperpanjang laju kemenangan Arsenal di bawah asuhan "spesialis" Liga Europa, Unai Emery.

Baca juga: Betis pecundangi Milan di San Siro

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Sporting CP (4-3-3): Ribeiro, Ristovski (Gaspar 46'), Pinto, Coates, Acuna, Battaglia Petrovic, Gudelj (Cabral 71'), Nani (Diaby 87'), Montero, Fernandes
Pelatih: Jose Peseiro

Arsenal (4-3-3): Leno, Lichtsteiner, Papastathopoulos, Holding, Xhaka, Elneny (Torreira 58'), Guendouzi, Ramsey, Mkhitaryan, Aubameyang (Iwobi 86'), Welbeck (Lacazette 81')    
Pelatih: Unai Emery

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018