Jakarta (ANTARA News) - Villarreal menggelar pesta lima gol tanpa balas saat menjamu Rapid Wina dalam lanjutan penyisihan Grup G Liga Europa di Stadion de la Ceramica, Castellon, Spanyol, Jumat dini hari WIB.

Sebuah gol bunuh diri yang dicetak bek Rapid, Mateo Barac, turut mewarnai kemenangan Villarreal yang disokong gol-gol Pablo Fornals, Karl Toko Ekambi, Raba dan Gerard Moreno itu, demikian catatan pertandingan laman resmi UEFA.

Sayangnya, kemenangan Villarreal dinodai pengusiran bek kiri Jaume Costa dari lapangan pada menit 79 setelah ia menerima dua kartu kuning hanya dalam selang waktu enam menit.

Kendati demikian, tambahan tiga poin yang dikantongi Villarreal cukup membuat mereka naik ke peringkat kedua klasemen Grup G dengan koleksi lima poin, menggeser Rapid (3) ke urutan ketiga.

Kendati kendali permainan sempat berlangsung imbang di awal laga, pasukan Yellow Submarine akhirnya memulai pesta gol mereka lewat Fornals yang sukses meyelesaikan umpan kiriman Ekambi dengan sepakan kaki kanan di hadapan gawang pada menit 26.

Empat menit berselang giliran Fornals membalas budi dengan mengirimkan umpan kepada Ekambi dengan sundulan kepalanya, yang diakhiri tendangan kaki kiri penyerang Kamerun itu demi menggandakan keunggulan Villarreal.

Di pengujung babak pertama, keunggulan Villarreal kian besar menjadi 3-0 atas Rapid setelah umpan silang Miguelon gagal disundul Ekambi namun malah mengenai betis Barac dan bola masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Gol keempat Villarreal lahir pada menit 63 lewat bangunan serangan nan apik yang diawali Jaume Costa dari sisi kiri, melepaskan umpan silang kepada Ekambi, yang disodorkan demi diselesaikan mudah oleh Raba dengan sepakan kaki kiri.

Sayangnya, Jaume Costa harus lebih dulu menuju ruang ganti setelah diganjar kartu kuning kedua oleh wasit Halis Ozkahya pada menit 79.

Kendati timpang dalam jumlah pemain, Villarreal malah mencetak gol lagi lewat kerja sama dua pemain pengganti Moreno dan Samuel Chukwueze pada menit 85. Chukwueze melepaskan umpan yang diselesaikan Moreno, menaklukkan kiper Richard Strebinger yang berusaha keluar dari sarangnya dan memastikan kemenangan tuan rumah menjadi 5-0.

Baca juga: Lazio kantongi tiga poin dari markas Marseille

Baca juga: Kalahkan Bordeaux, Zenit pertahankan posisi puncak di Grup C


Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Villarreal (4-2-3-1): Andres Fernandez; Miguelon, Alvaro Gonzalez, Ramiro Funes Mori, Jaume Costa; Santiago Caseres (Santi Cazorla), Manu Trigueros; Raba (Gerard Moreno), Pablo Fornals (Samuel Chukwueze), Miguel Layun; Karl Toko Ekambi
Pelatih: Fran Escriba

Rapid Wina (5-4-1): Richard Strebinger; Marvin Potzmann (Andrei Ivan), Mert Muelduer, Mario Sonnleitner, Mateo Barac, Boli Bolingongi-Mbombo; Thomas Murg (Christoph Knasmuellner), Dejan Ljubicic, Stefan Schwab, Veton Berisha (Manuel Thurnwald); Deni Alar
Pelatih: Goran Djuricin

Baca juga: Salzburg pelihara catatan sempurna di Liga Europa

Baca juga: Welbeck amankan kemenangan 1-0 Arsenal atas Sporting

Baca juga: Betis pecundangi Milan di San Siro

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018