Pasukan Banser bersiaga di depan PBNU

Pasukan Banser bersiaga di depan PBNU

Petugas Banser dan GP Ansor berjaga mengamankan rencana Aksi Bela Tauhid di Kantor PBNU Jakarta, (26/10/2018). (Tessa Qurrata Aini/Antara).

Jakarta (ANTARA News) - Puluhan orang dari Barisan Ansor Serbaguna (Banser) telah bersiaga di lapangan kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jalan Kramat Jaya, Senen, Jakarta Pusat untuk menjaga Aksi Bela Tauhid pada Jumat (26/10) siang.

Baca juga: Massa aksi bela kalimat tauhid mulai bergerak dari Istiqlal

Pantauan Antara di lapangan, selain Banser, puluhan orang dari Patriot Manguni Makasiouw juga turut membantu penjagaan. Patriot Manguni Makasiouw yang berseragam hitam dan merah nampak berjaga-jaga bersama Banser.

Arus lalu lintas di depan kantor PBNU nampak ramai dan sedikit tersendat karena beberapa pengendara melambatkan laju kendaraan untuk menengok situasi yang dipenuhi Banser.

Baca juga: Massa Aksi Bela Tauhid padati depan Kantor Menko Polhukam di Medan Merdeka Barat

Sejumlah pengendara sepeda motor berteriak dengan mengumandangkan takbir dan bendera berkendara ke arah Monas sembari petugas kepolisian berjaga.

Namun, hingga berita ini diturunkan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang diberitakan sebelumnya akan menggelar demo di PBNU belum terlihat di kantor yang beralamatkan di Jalan Kramat Jaya tersebut.

Mereka menuntut PBNU untuk meminta maaf kepada seluruh muslim di dunia, pembubaran Banser dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor, serta memenjarakan pelaku pembakaran bendera tertuliskan kalimat tauhid di Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Polda Metro terima pemberitahuan Aksi Bela Tauhid

Sementara itu, massa Aksi Bela Kalimat Tauhid mulai bergerak menuju Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

Jumlah massa yang mencapai ribuan tersebut bergerak mengikuti sebuah truk yang dijadikan kendaraan komando sembari menyerukan kalimat tahlil dan takbir.

Akibat aksi ini, ruas Jalan Merdeka Barat dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Utara ditutup dan berimbas pada pengalihan arus lalu lintas menuju Jalan Budi Kemuliaan.

Ratusan sepeda motor baik milik peserta aksi maupun petugas terparkir di depan Gedung Indosat Oreedo dan Bank Indonesia.

Baca juga: Polisi alihkan arus lalu lintas saat Aksi Bela Tauhid

Kumpulan massa tersebut juga menyebabkan arus lalu lintas di sekitar Bundaran Monas mengalami kemacetan dari arah Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, dan Jalan MH Thamrin.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menerima surat pemberitahuan Aksi Bela Tauhid yang akan digelar di Kantor Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Jakarta Pusat.

"Aksi akan berlangsung pukul 13.00 WIB," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono.

Baca juga: DPR: Masyarakat tahan diri aksi bela tauhid di Patung Kuda pada Jumat

Argo menyebutkan jumlah massa Aksi Bela Tauhid diperkirakan mencapai 1.000 orang dari berbagai kelompok masyarakat.

Massa yang akan menyampaikan aspirasi tersebut akan berkumpul di Patung Kuda dan berakhir di Kantor Menkopolhukam.

Sementara itu, GP Ansor Nahdlatul Ulama menyiagakan ribuan anggota Ansor-Banser akan melakukan aksi demo juga di kantor PBNU Jakpus.

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Banser NU dan PP rutin jaga Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta

Komentar