Manado (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, memaparkan keberhasilan program Revolusi Mental yang dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo.
   
"Saya mengapresiasi inovasi pelayanan publik yang telah dilakukan empat kementerian koordinator yang ada," kata dia, di acara Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental 2018 di Manado, Jumat.
   
Ia mencontohkan Kemenko Polhukam yang berhasil menekan pungutan liar melalui tim siber antipungli.
     
Kemenko Polhukam, kata dia, juga bekerja baik dalam menekan tersebarnya kabar palsu atau hoaks lewat tim sibernya.
   
Selanjutnya, kata Puan, Kemenko Ekonomi bisa menerapkan revolusi mentalnya dengan program Online Single Submission, yang mampu mendorong pertumbuhan dunia usaha. Itu merupakan sistem perizinan usaha terintegrasi secara elektronik.
   
Lewat inovasi itu, sistem perizinan dunia usaha dapat berlangsung cepat yang memudahkan pelaku usaha.
   
Dari Kemenko Maritim, Puan mengatakan kementerian itu mampu mengupayakan revitalisasi sungai Daerah Aliran Sungai Citarum.
   
Sementara dari Kemenko PMK sendiri dia mengatakan telah bisa mendorong perbaikan kualitas kesehatan, pendidikan dan olah raga.
   
"Untuk olah raga kita sukses di Asian Games dan Asan Para ke-18. Tanpa disangka target Indonesia meleset ke tingkat yang lebih atas," kata dia. 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018