Surabaya (ANTARA News) - Sebelum memulai rapat kerja nasional (Rakernas), sejumlah petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin berziarah ke makam Wage Rudolf Soepratman, pencipta dan komponis lagu Indonesia Raya di Jalan Kenjeran, Rangkah, Tambaksari, Surabaya, Sabtu.

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto memimpin rombongan kecil peziarah itu. Termasuk di antaranya Wakil Sekretaris TKN Dewi Soeharto. 

Setelah melihat kompleks makam dan berdoa, Hasto dan para peserta ziarah menaburkan bunga di atas makam pahlawan nasional itu.

"Sosok WR Soepratman menunjukkan bagaimana berjuang dengan cara-cara kebudayaan yang sederhana, tetapi bisa hadir sebagai sosok pahlawan yang berprestasi," kata Hasto.

Menurut dia  keteladanan pahlawan seperti WR Soepratman seharusnya diikuti bersama, apalagi di tengah situasi saat ini di mana muncul kelompok maupun individu yang melupakan kepentingan bangsa dan rakyat hanya karena ambisi kekuasaan.

"Keteladanan para pahlawan dalam mengukir prestasi bagi bangsa dan negara dengan berbagai cara termasuk cara kebudayaan ini harus kita ikuti bersama," katanya.

Hasto mengatakan kepahlawanan WR Soepratman berbeda dengan klaim sejumlah pihak yang menyebut sosok seperti Ratna Sarumpaet sebagai pahlawan masa kini,  atau klaim lainnya bahwa Prabowo seperti Bung Karno atau Jenderal Soedirman, maupun Sandiaga seperti Bung Hatta.

"(WR Supratman) Ini pahlawan sejati," kata Hasto.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018