Jakarta (ANTARA News) - Laga ketiga partai final Liga Bisbol Amerika Serikat (MLB) 2018 antara Los Angeles Dodgers melawan Boston Red Sox memakan waktu hingga tujuh jam 20 menit untuk menentukan pemenang.

Pertandingan dalam rangkaian yang lebih dikenal sebagai World Series tersebut dilangsungkan di Stadion Dodgers, California, Amerika Serikat, sejak Jumat (26/10) sore waktu setempat dan baru berakhir pada Sabtu dini hari tepatnya pukul 00.32 waktu setempat.

Laman resmi MLB mencatat pertandingan tersebut sebagai laga final berdurasi terpanjang sepanjang sejarah kompetisi bisbol nomor wahid AS itu.

Ironisnya, kendati bermain selama tujuh jam dan 20 menit serta berlangsung hingga 18 inning, skor akhir pertandingan hanya memperlihatkan 3-2 untuk kemenangan tuan rumah.

Dodgers lebih dulu mencetak angka pada inning ketiga setelah Joc Pederson mencetak home run dengan memukul bola ke tribun sisi kanannya.

Lantas ayunan Jackey Bradley Jr. pada inning kedelapan yang melesakkan bola ke tribun penonton membuat Red Sox menyamakan kedudukan 1-1.

Red Sox lantas berbalik pada inning ke-13 setelah pitcher tuan rumah, Scott Alexander, melakukan kesalahan lemparan setelah menangkap bola mudah pukulan Eduardo Nunez. Lemparan Alexander yang tak tepat sasaran kepada catcher membuat Brock Holt berhasil mencuri plat home dan membawa Red Sox unggul 2-1.

Akan tetapi, kesalahan lemparan juga dilakukan oleh penjaga base kedua Red Sox Ian Kinsler pada saat giliran Dodgers menyerang di inning ke-13. Bola pukulan Yasiel Puig yang berhasil ditangkapnya setelah menyentuh tanah gagal dikirimkan dengan baik ke base pertama, sehingga Max Muncy berkesempatan kembali pulang ke plat home dan menyamakan kedudukan 2-2.

Setelah inning demi inning terlewati tanpa ada poin tambahan tercipta bagi kedua tim, di inning ke-18 Muncy berhasil memukul bola lempran Nathan Eovaldi ke tribun penonton dan memastikan kemenangan tuan rumah 3-2 atas Red Sox.

Hasil itu membuat skor final MLB 2018 saat ini 2-1 untuk keunggulan Red Sox dan laga keempat akan segera dilangsungkan di tempat yang sama pada Sabtu sore setempat atau Minggu (28/10) pagi WIB.

Praktis kedua tim hanya memiliki kurang dari 18 jam waktu istirahat kedua tim selepas melakoni pertandingan berdurasi tujuh jam lebih.

Dodgers terakhir kali menjadi juara MLB pada 1988, setelah musim lalu mereka takluk 3-4 dari Houston Astros di partai final.

Ambisi Dodgers menyudahi puasa gelar MLB dua dasawarsa menemui tantangan berat bernama Red Sox, yang selalu berhasil menjadi juara MLB tiap kali mencapai final di era 2000-an. Tim bisbol tersebut menjuarai MLB pada 2004, 2007 dan 2013 lalu.

Baca juga: Chicago Cubs juara MLB setelah 108 tahun

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018