Jakarta (ANTARA News) - Subaru Corp berencana untuk menarik kembali (recall) ratusan ribu kendaraan dari beberapa model di Jepang dan Amerika Serikat karena bagian mesin yang rusak, media Jepang Asahi Shimbun  melaporkan.

Produsen mobil yang berbasis di Tokyo itu diperkirakan akan segera mengumumkan  penarikan kembali ke kementerian transportasi Jepang, tulis Asahi Shimbun berdasarkan sejumlah sumber, dikutip Sabtu.

Masalah pada pegas katup bisa merusak dan menghambat kerja mesin. Model yang terdampak recall termasuk mobil sport BRZ serta mobil sport Toyota Motor Corp bernama 86, yang dikembangkan bersama Toyota dan dilengkapi dengan mesin yang sama dengan BRZ.

Sejak musim gugur 2017, Subaru telah dihantam oleh sejumlah skandal, termasuk pekerja yang tidak berkualifikasi melakukan inspeksi kendaraan dan memalsukan data untuk tingkat pembuangan, efisiensi bahan bakar, dan uji rem.

Pada 23 Oktober tahun ini, perusahaan secara drastis memangkas perkiraan labanya untuk enam bulan pertama tahun bisnis yang dimulai pada bulan April.

Produsen mobil itu mengatakan laba operasi untuk periode setengah tahun akan turun menjadi 61 miliar yen ($ 544 juta), 49 miliar yen kurang dari perkiraan yang ditetapkan pada bulan Mei.

Subaru mengatakan bahwa revisi tajam ke bawah dibuat terutama karena biaya yang dialokasikan untuk kualitas kendaraan. Subaru menambahkan bahwa biaya-biaya itu tidak terkait dengan serangkaian skandal baru-baru ini.

Baca juga: Ada masalah pengelasan, Subaru tarik 293 unit SUV Ascent 2019

Perusahaan mengatakan akan mengungkapkan rincian masalah terkait kualitas baru pada 5 November, ketika dijadwalkan untuk merilis laporan keuangan untuk periode setengah tahun.

Dalam skandal yang melibatkan pemeriksa yang tidak berkualifikasi, Subaru menarik sekitar 420.000 kendaraan dan kemudian mengalokasikan 25 miliar yen sebagai biaya terkait untuk tahun bisnis yang berakhir pada Maret 2018.

Biaya untuk penarikan terencana terkait masalah bagian mesin ini bisa melebihi 25 miliar yen.

Baca juga: Penjualan naik, Subaru siapkan pusat teknologi di Michigan

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018