Pengalaman dalam Festival Belimbing tahun lalu ada petani yang membantu 30 kilogram, bahkan ada juga yang membantu hingga 50 kilogram belimbing untuk membuat gunungan
Bojonegoro (ANTARA News) - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Agro Jaya Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur, berencana menggelar Festival Belimbing pada 11 November 2018 untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Ketua Pokdarwis Agro Jaya Desa Ngringinrejo Priyo Sulistyo di Bojonegoro, Sabtu, menjelaskan rencana kegiatan itu sudah dibahas bersama para petani di kawasan objek wisata kebun belimbing.

Sesuai rencana, lanjut dia, petani kebun belimbing yang jumlahnya 104 orang sepakat masing-masing akan patungan minimal mengumpulkan 10 kilogram. Belimbing yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk membuat gunungan belimbing yang diperkirakan tingginya sekitar lima meter.

"Pengalaman dalam Festival Belimbing tahun lalu ada petani yang membantu 30 kilogram, bahkan ada juga yang membantu hingga 50 kilogram belimbing untuk membuat gunungan," ucapnya.

Menurut dia, Festival Belimbing yang kelima kalinya akan digelar di pintu masuk, yang sebelumnya di tahun-tahun lalu di halaman belakang objek wisata kebun belimbing.

Gunungan buah belimbing yang akan dibuat bisa diambil secara gratis pengunjung. Dalam Festival Belimbing juga akan digelar kegiatan jalan sehat, kontes belimbing dan kebersihan kebun belimbing.

"Dalam Festival Belimbing tahun lalu untuk pemenangnya belimbing yang beratnya sekitar delapan ons," ucapnya.

Ia menambahkan Festival Belimbing yang digelar itu sebagai usaha meningkatkan jumlah pengunjung objek wisata buatan terbaik se-Jawa Timur, yang ditetapkan Pemprov Jawa Timur pada 2015.

"Kami optimistis jumlah penunjung tahun ini bisa lebih dari 150 ribu pengunjung melampaui tahun lalu dengan jumlah 145.712 pengunjung," ucapnya.

Ia menambahkan pengunjung objek wisata itu dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, bahkan luar Jawa.

Sesuai data di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, tercatat luas kebun belimbing mencapai 20,4 hektare dengan jumlah 9.000 pohon dan Desa Mojo, seluas 15 hektare dengan jumlah sekitar 7.000 pohon.

"Selama ini pemasaran belimbing Mojo juga di Ngringinrejo," ucapnya.

 Baca juga: Jarang diketahui, ini enam manfaat belimbing untuk kesehatan
Baca juga: Pedagang belimbing Bojonegoro siapkan stok sambut Lebaran

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018